airtronicfirearms.com

Kriteria Caketum PBSI, Punya Jiwa Kepemimpinan dan Peduli Bulu Tangkis

Bendera dan logo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).
Lihat Foto

- Mantan pebulu tangkis yang kini menjadi Ketua Harian PB Jaya Raya, Imelda Wigoena, mengungkapkan kriteria yang harus dimiliki Ketua Umum PBSI.

PBSI sedang mencari ketua umum baru menyusul kepengurusan Agung Firman Sampurna yang akan berakhir pada November 2024. 

Pemilihan ketua umum PBSI periode 2024-2028 bakal digelar dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, pada 9-11 Agustus 2024. 

Menurut Imelda, ketua umum PBSI harus punya jiwa kepemimpinan agar bisa menjalankan organisasi dengan baik. 

Baca juga: PBSI Lakukan Karantina Atlet Jelang Olimpiade Paris 2024

“Karena kalau tidak (punya jiwa kepemimpinan), bagaimana dia mau memimpin anak buahnya? Kalau tidak punya, sulit agar bawahannya itu menghormati dia,” ungkap Imelda dalam keterangan tertulis. 

Selain punya jiwa kepemimpinan, ketua umum PBSI juga harus memahami bulu tangkis dan pintar dalam menyelesaikan permasalahan organisasi.  

“Seorang Ketua Umum itu nantinya harus berusaha untuk mengetahui soal bulu tangkis dan itu tidak mudah. Jadi, harus orang yang serius dan punya hati (untuk bulu tangkis),” ujarnya.

“Sosok Ketum PBSI juga harus bisa membuat keputusan. Dia harus bisa menjadi decision maker. Bisa menangkap ide-ide, masukan, dan informasi dari bawahan untuk menilai dan membuat keputusan,” imbuh wanita yang disapa Cik Im ini. 

Baca juga: Ketum PBSI 2024-2028 Diminta Gairahkan Klub Bulu Tangkis di Daerah

Tim penjaringan PBSI untuk bakal calon ketua umum saat ini sedang menjalani tahap sosiasiliasi. 

Namun, ada satu nama yang santer diisukan bakal masuk bursa caketum PBSI, yakni Fadil Imran.

Fadil Imran saat ini masih menjabat sebagai sekretaris jenderal PBSI dan ketua tim Ad Hoc PBSI untuk Olimpiade Paris 2024.  

“Saya lihat pak Fadil ini mendekati kriteria yang saya bilang soal Ketum PBSI yang ideal,” imbuhnya. 

Sejumlah ketua pengurus provinsi (pengprov) PBSI sudah memberikan dukungannya untuk Fadul Imran mulai dari DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat