airtronicfirearms.com

Ketika Konser David Bowie "Menyatukan" Jerman Barat dan Timur...

David Bowie
Lihat Foto

- Setelah berakhirnya Perang Dunia II, wilayah Jerman terbagi menjadi Barat dan Timur dengan corak ideologi yang sangat kontras.

Jerman Barat berada di bawah pengaruh Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Sementara, Jerman Timur berada di bawah pengaruh Uni Soviet.

Pembagian wilayah ini ditandai dengan pembangunan Tembok Berlin.

Dinding pemisah itu mengelilingi Berlin Barat dan mencegah akses masuk dari Berlin Timur dan wilayah Jerman Timur lainnya selama periode 1961-1989.

Pada 7 Juni 1987, musikus David Bowie menghelat konser yang menyatukan warga Jerman. Ia tampil di festival musik di Platz der Republik, Berlin Barat.

Festival selama tiga hari itu juga menampilkan band rock Genesis dan duo pop Eurythmics.

Panggung konser berada dekat dengan Tembok Berlin, dan banyak orang di Berlin Timur berkumpul di dekat tembok untuk mendengarkan musiknya.

Dilansir The Rolling Stone, Bowie mengungkapkan, konser itu adalah salah satu penampilan paling emosional yang pernah ia lakukan.

"Saya menangis. Ada ribuan orang di sisi lain yang mendekati tembok. Jadi, itu seperti konser ganda di mana tembok menjadi pembatas," kata Bowie, pada 2003.

"Kami bisa mendengar mereka bersorak dan bernyanyi dari sisi lain. Itu sangat menyentuh hati saya dan saya belum pernah melakukan hal seperti itu dalam hidup saya," ujarnya.

Bowie tampil pada hari kedua festival. Sebelum bernyanyi, ia mengucapkan salam kepada orang-orang Berlin Timur yang berkerumun di seberang dinding.

"Kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada semua kawan yang berada di sisi lain tembok," kata Bowie di atas panggung.

Ia tidak menyadari, saat itu beberapa orang Berlin Timur dipukuli oleh pihak berwenang ketika mencoba mendekat ke tembok.

Lebih dari 200 warga Berlin Timur ditangkap dan banyak yang mulai berteriak, "Tembok harus runtuh!" dan "Gorby (Gorbachev, pemimpin Soviet) keluarkan kami!".

Pada malam itu, Bowie membawakan lagunya yang berjudul "Heroes". Lagu itu ditulis serta direkam pada 1977, ketika Bowie tinggal di Berlin Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat