airtronicfirearms.com

Fakta Hasil Pemilu Perancis, Aliansi Sayap Kiri Menang Kursi Terbanyak

Ilustrasi Perancis.
Lihat Foto

- Aliansi partai sayap kiri Perancis secara mengejutkan meraih kursi parlemen terbanyak pada pemilihan legislatif, pada Minggu (7/7/2024).

Dilansir Time, kejutan ini merupakan pukulan telak bagi aliansi sayap kanan yang diprediksi akan memenangi pemilihan, setelah sebelumnya unggul di putaran pertama.

Hasil perhitungan suara yang dirilis Senin (8/7/2024) menunjukkan, aliansi sayap kiri New Popular Front (NPF) meraih lebih dari 180 kursi.

Sementara aliansi poros tengah atau sentris, termasuk partai Presiden Emmanuel Macron, meraih lebih dari 160 kursi. 

Adapun aliansi partai sayap kanan yang dinaungi National Rally pimpinan Marine Le Pen berada di tempat ketiga dengan lebih dari 140 kursi.

Meski meraih kursi parlemen terbanyak, namun aliansi sayap kiri gagal mengamankan posisi mayoritas yang membutuhkan 289 kursi dari total 577 kursi National Assembly.

Berikut fakta terkait pemilihan legislatif Perancis yang dihimpun Tim Cek Fakta dari berbagai sumber.

Faktor penentu kemenangan

Dilansir The Guardian, setelah kalah pada putaran pertama, partai-partai kiri dan sentris mengubah strategi dengan menarik para kandidat dari banyak distrik secara strategis.

Lebih dari 200 kandidat dari partai-partai kiri dan sentris telah menarik diri dari putaran kedua untuk menghindari perpecahan suara melawan National Rally.

Partai-partai tersebut meminta para pemilih untuk memilih kandidat mana pun yang berseberangan dengan National Rally, dalam upaya untuk mencegah sayap kanan memenangi posisi mayoritas dan membentuk pemerintahan.

National Rally dicitrakan oleh kaum kiri dan sentris sebagai bahaya bagi demokrasi karena mempromosikan pandangan rasis, antisemit, dan anti-Muslim.

Strategi itu membuat banyak kandidat sayap kanan berada dalam kontes head-to-head melawan hanya satu lawan, sehingga membuat mereka lebih sulit untuk menang.

Banyak pemilih memutuskan bahwa menjauhkan sayap kanan dari kekuasaan lebih penting, sehingga mereka memilih calon-calon dari kubu berseberangan, meski calon tersebut bukan dari kubu politik yang biasanya mereka dukung.

Mengenal aliansi sayap kiri Perancis

Dilansir The Washington Post, aliansi sayap kiri terdiri dari Socialist Party, Green Party, France Unbowed, dan Communist Party.

Aliansi ini ingin menurunkan usia pensiun, dan mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk kesejahteraan sosial, perlindungan lingkungan, dan perawatan kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat