airtronicfirearms.com

INFOGRAFIK: Ahok Sebut Gaji Ideal Tinggal di Jakarta Rp 5-10 Juta, Cek Faktanya!

ilustrasi uang gaji karyawan.
Lihat Foto

- Meski sudah tidak berstatus ibu kota, namun Jakarta masih menjadi pusat perekonomian terbesar di Indonesia. Tentu saja Jakarta masih memiliki daya tarik bagi banyak orang untuk mengubah nasibnya.

Meski begitu, Jakarta bukan merupakan daerah yang memiliki upah minimum regional tertinggi.

UMR di Jakarta yang mencapai Rp 5.067.381 masih kalah dengan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, serta Kabupaten Bekasi yang masih unggul sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Dalam pandangan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, penghasilan ideal untuk tinggal di Jakarta sekitar Rp 5 hingga Rp 10 juta. "Rp 15 juta lebih bagus," ucap pria yang akrab disapa Ahok itu.

Benarkah pernyataan Ahok?

Peneliti Think Policy, Michael Tjahjadi menyatakan bahwa pernyataan Ahok ini sejalan dengan UMP di Jakarta. Penetapan UMP memang ditentukan berdasarkan sejumlah faktor pendukung di daerah tersebut.

Akan tetapi, definisi ideal untuk tinggal di Jakarta bisa berbeda, berdasarkan kelas sosial. Ini terlihat dari pengeluaran rata-rata, yang berbeda antara kelompok kelas atas dengan kelas menengah-bawah.

Sehingga, Michael menilai bahwa tidak ada ukuran tunggal yang bisa diandalkan untuk menentukan pendapatan ideal di Jakarta.

Berapa pengeluaran rata-rata kelas atas dan kelas menengah-bawah? Bagaimana penjelasan lebih detail yang disampaikan Michael Tjahjadi?

Simak dalam infografik berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat