airtronicfirearms.com

Pencapaian Lamine Yamal, Bocah Ajaib yang Melewati Rekor Pele...

Penyerang Spanyol, Lamine Yamal, merayakan keberhasilan timnya lolos ke final Euro 2024 atau Piala Eropa 2024.
Lihat Foto

- Nama Lamine Yamal mencuri perhatian publik pada perhelatan Piala Eropa atau Euro 2024 Jerman. Meski baru berusia 16 tahun, pemain Bercelona itu tampil memukau dan menjadi andalan lini depan tim nasional (timnas) Spanyol.

Dalam kompetisi Euro pertamanya, Yamal mengantarkan La Furia Roja ke partai final usai menumbangkan Perancis 2-1 Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Di pertandingan itu Yamal menyumbang satu gol. Bukan sembarang gol, dia mencetaknya lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tidak mampu diantisipasi kiper Perancis, Mike Maignan.

Yamal lantas banjir pujian setelah pertandingan melawan Perancis. Terlebih, ia memecahkan beberapa rekor dan melampaui pencapaian legenda Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele.

Baca juga: Spanyol Vs Perancis: Dulu Pele, Sekarang Yamal

Lalu apakah saja rekor yang dipecahkan oleh Lamine Yamal? Berikut rangkumannya:

Pencetak gol termuda 

Lamin Yamal tampil impresif di partai semifinal melawan Perancis Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. Beberapa kali ia merepotkan pertahanan Les Bleus. 

Puncaknya, pada menit ke-21 ia mencetak gol indah lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti.

Dikutip dari laman resmi UEFA, berkat gol itu Yamal secara resmi tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro di usia 16 tahun 362 hari. 

Yamal mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Johan Vonlanthen asal Swiss selama 20 tahun. Vonlanthen mencetak gol pada usia 18 tahun 141 hari dalam kemenangan 3-1 Swiss atas Perancis pada Euro 2004. 

Baca juga: Spanyol ke Final Euro 2024: Puja-puji untuk Lamine Yamal, Sang Bocah yang Jenius

Lewati rekor Pele

Selain memecahkan rekor Johan Vonlanthen, gol yang dicetak Yamal ke gawang Perancis juga mematahkan rekor legenda Brasil, Pele.

Yamal kini merupakan pemain termuda yang mencetak gol di turnamen besar. 

Dikutip dari Bein Sport, Yamal melampui pencapaian Pele yang merupakan pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia.

Yamal mencetak gol di usia 16 tahun 362 hari, sedangkan Pele mencetak gol di usia 17 tahun  239 hari saat Piala Dunia 1958.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat