airtronicfirearms.com

[HOAKS] Poster Pengobatan Ida Dayak di Banjarmasin pada 19-23 Juli

Ilustrasi hoaks
Lihat Foto

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi sejauh ini, informasi ini tidak benar.

 - Beredar poster pengobatan alternatif Ida Dayak di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 19 sampai 23 Juli 2024.

Namun, setelah ditelusuri, poster tersebut tidak benar atau hoaks.

Narasi yang beredar

Poster yang menyebut Ida Dayak akan melakukan praktik pengobatan di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, pada 19-23 Juli 2024 dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Dalam poster tercantum nomor WhatsApp untuk mendaftar berobat. 

Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut Ida Dayak akan melakukan pengobtan di di Gedung Suriansyah, Banjarmasin Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut Ida Dayak akan melakukan pengobtan di di Gedung Suriansyah, Banjarmasin

Penelusuran

Dikutip dari Tribun Banjarmasin, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya Kalimantan Selatan sekaligus pengelola Gedung Sultan Suriansyah membantah informasi itu.

Melalui unggahan story Instagram @tamanbudayakalsel, UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan menyebut poster itu penipuan.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti mengatakan, tidak ada agenda pengobatan Ida Dayak di Gedung Sultan Suriansyah, seperti tertera pada poster.

"Saya cek di kantor dan bagian penerima peminjaman gedung, tidak ada. Dan saya juga tidak mendisposisikan adanya surat masuk peminjaman gedung," ujar Suharyanti. 

Suharyanti menduga, poster yang ramai beredar di media sosial dan grup WhatApps tersebut adalah hoaks.

"Tidak benar. Makanya kami minta masyarakat juga berhati-hati atas informasi yang tidak bertanggung jawab ini," kata dia.

Kesimpulan

Poster pengobatan Ida Dayak di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, pada 19-23 Juli 2024 merupakan hoaks.

UPTD Taman Budaya Kalsel mengatakan, tidak ada ada agenda pengobatan Ida Dayak di Gedung Sultan Suriansyah, seperti yang tertera pada poster.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat