airtronicfirearms.com

[KLARIFIKASI] Narasi Keliru soal Marine Le Pen Menangis karena Kalah Pemilu

Ilustrasi Klarifikasi
Lihat Foto

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

- Foto politikus sayap kanan Perancis Marine Le Pen menangis beredar di media sosial.

Marine Le Pen disebut menangis setelah partainya, National Rally, kalah dalam pemilihan legislatif, pada Senin (8/7/2024), dan aliansi sayap kiri unggul.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta , foto Marine Le Pen dibagikan dengan konteks keliru.

Narasi yang beredar

Foto Marine Le Pen menangis dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, antara 9 sampai 10 Juli 2024. Berikut narasi yang dibagikan:

Marine Le Pen, politisi fasis, menangis karena kalah telak di Perancis kemarin, setelah sebelumnya terlihat akan meraih kemenangan. Saya tidak berlebihan menyebutnya fasis. Partai politiknya secara harfiah didirikan oleh anggota SS.

Klarifikasi, foto lama Marine Le Pen saat tertawa dalam sebuah acara siaran pada Maret 2017 dibagikan dengan konteks keliruScreenshot Klarifikasi, foto lama Marine Le Pen saat tertawa dalam sebuah acara siaran pada Maret 2017 dibagikan dengan konteks keliru

Penelusuran

Tim Cek Fakta menemukan logo "Europe1" pada foto tersebut, seperti di mikrofon, latar belakang, dan watermark.

Kemudian, menelusuri kata kunci "Marine Le Pen Europe1" di YouTube. Hasilnya, ditemukan bahwa foto itu diambil dari unggahan kanal Europe1, 9 Oktober 2021.

Menurut deskripsi yang dicantumkan, Le Pen menghadiri sebuah acara yang dipandu oleh penyiar Thomas Sotto, pada Maret 2017.

Sepanjang acara, sang politisi tak kuasa menahan tawanya melihat presenter Jean-Jacques Bourdin melakukan impresi terhadap gaya bicaranya.

Dilansir , aliansi partai sayap kiri Perancis secara mengejutkan meraih kursi parlemen terbanyak pada pemilihan legislatif, pada Minggu (7/7/2024).

Kejutan ini merupakan pukulan telak bagi aliansi sayap kanan yang diprediksi akan memenangi pemilihan, setelah sebelumnya unggul di putaran pertama.

Hasil perhitungan suara yang dirilis Senin (8/7/2024) menunjukkan, aliansi sayap kiri New Popular Front (NPF) meraih lebih dari 180 kursi.

Sementara aliansi poros tengah atau sentris, termasuk partai Presiden Emmanuel Macron, meraih lebih dari 160 kursi.

Adapun aliansi partai sayap kanan yang dinaungi National Rally pimpinan Marine Le Pen berada di tempat ketiga dengan lebih dari 140 kursi.

Kesimpulan

Foto Marine Le Pen saat menghadiri sebuah acara pada Maret 2017 disebarkan dengan konteks yang keliru.

Foto itu tidak memperlihatkan Marine Le Pen menangis setelah partainya, National Rally, kalah dalam pemilu parlemen di Perancis.

Dalam foto tersebut, Le Pen tertawa karena melihat presenter Jean-Jacques Bourdin melakukan impresi terhadap gaya bicaranya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat