airtronicfirearms.com

Bangun Minat Baca Anak, BINUS SCHOOL Semarang Hadirkan Festival Membaca 1000 Buku

BINUS SCHOOL Semarang sebagai salah satu sekolah internasional yang menerapkan kurikulum Cambridge terbaik di Semarang menggelar Festival Membaca 1000 Buku.
Lihat Foto

– Pada era teknologi, menjaga semangat membaca buku dan menumbuhkan budaya literasi pada anak menjadi tantangan tersendiri.

Secara umum, minat baca masyarakat Indonesia terbilang rendah. Data Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mendapati, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya di angka 0,001 persen. Dengan kata lain, dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu orang yang gemar membaca buku.

Padahal, buku sendiri merupakan bagian dari pembelajaran dan pengembangan diri bagi anak. Buku juga merupakan sumber belajar yang lebih tepercaya ketimbang beberapa sumber lain. Sebab, penulisan buku melewati berbagai tahapan, termasuk validasi data dan informasi. Materi yang disajikan pun lebih komprehensif.

Selain menambah ilmu dan wawasan, membaca buku juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Baca juga: Siswi SMA BINUS SCHOOL Simprug Toreh Prestasi di Kompetisi The Harvard Crimson Essay 2024 di AS

Buku dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, mengasah keterampilan berpikir, melatih daya ingat, meningkatkan konsentrasi, serta membangun interaksi positif antara anak dan orangtua.

Festival Membaca 1.000 Buku di BINUS SCHOOL SemarangBINUS SCHOOL Semarang Festival Membaca 1.000 Buku di BINUS SCHOOL Semarang

Melihat manfaat penting membaca, BINUS SCHOOL Semarang sebagai salah satu sekolah berbasis kurikulum internasional terbaik di Jawa Tengah pun menginisiasi Festival Membaca 1000 Buku mulai Senin (22/4/2024) hingga Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan kebiasaan membaca di kalangan komunitas sekolah sekaligus menginspirasi mereka untuk menjelajahi dunia pengetahuan melalui buku-buku.

Kepala BINUS SCHOOL Semarang, Elsie L Bait mengatakan, di sekolah, membaca tidak hanya mengembangkan keterampilan bahasa dan literasi siswa, tetapi juga membuka pintu untuk pemahaman yang lebih dalam tentang berbagai topik dan budaya.

“Festival Membaca 1000 Buku dapat diikuti oleh seluruh komunitas BINUSIAN. Kami berharap, festival ini dapat menciptakan lingkungan yang merangsang minat komunitas sekolah dalam membaca dan membangun kesadaran akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Elsie dalam keterangan tertulis yang diterima , Selasa (23/4/2024).

Baca juga: Ukir Prestasi di Yale, 11 Murid Berbakat BINUS SCHOOL Bekasi Bawa Pulang 11 Emas dan 18 Perak dari World Scholars Cup

Elsie menambahkan, membangun minat baca anak juga sejalan dengan Visi BINUS SCHOOL Semarang, yakni Menumbuhkan Karakter Teladan, Mendukung Pembelajaran Inovatif, dan Menciptakan Kepemimpinan yang Welas Asih.

“Semoga Festival Membaca 1000 Buku dapat menginspirasi komunitas sekolah untuk menemukan keajaiban membaca dan meningkatkan literasi di kalangan generasi masa depan,” ucap Elsie.

  1. Berikut adalah rangkaian acara Festival Membaca 1000 Buku yang dihadirkan BINUS SCHOOL Semarang.
  2. Book Fair digelar pada 22-27 April. Kegiatan ini melibatkan sejumlah penerbit ternama, seperti Gramedia, Erlangga, Mizan, Kanisius, BukuAku, Literaloka, dan Periplus/Uni-Books.
  3. Short Story Writing Competition pada 27 April 2024. Kegiatan ini dapat diikuti oleh siswa jenjang middle school (MS) dan high school (HS), baik Binusian maupun non-Binusian.
  4. Colouring Competition pada 27 April 2024. Kegiatan ini dapat diikuti dalam dua kategori, yakni kelompok elementary (EL) 1-3 dan EL 4-6, baik Binusian maupun non-Binusian.
  5. Workshop in Story Writing pada 27 April 2024. Acara ini diisi oleh penulis buku Francisca Emiliana.
  6. Kegiatan Drop Everything and Read atau DEAR pada 22-26 April 2024. Lewat kegiatan ini, seluruh siswa, guru, staf, orangtua, dan para tamu akan membaca buku bersama selama 10 menit, yakni pada pukul 9.30-9.40 WIB.
  7. Pementasan Teater Boneka Ayo Dongeng Indonesia pada 27 April 2024.
  8. Read Aloud Corner by Read Aloud Semarang Community pada 27 April 2024. Lewat kegiatan ini, komunitas Read Aloud akan mengajak pengunjung untuk membaca bersama dan mewarnai boneka puppet. Read Aloud juga akan membaca nyaring untuk pengunjung yang hadir.
  9. Open House dan School Tour pada 27 April 2024.

Sebagai informasi, Festival Membaca 1000 Buku terbuka untuk umum. Yuk, ajak keluarga, teman, dan kerabat untuk merasakan momen berharga ini.

Pendaftaran dan informasi lebih lengkap klik tautan berikut link.binus.org/membaca1000buku.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat