airtronicfirearms.com

UB Buka Seleksi Mandiri Jalur Rapor dan Prestasi 2024, Simak Syaratnya

Universitas Brawijaya (UB).
Lihat Foto

- Universitas Brawijaya (UB) masih membuka pendaftaran seleksi mandiri jalur nilai rapor dan prestasi hingga 15 Juni 2024.

Dikutip dari laman resminya, jalur tersebut terbuka untuk pendaftaran jenjang program sarjana (S1) dan vokasi (D3 dan D4).

Adapun seleksi ini bertujuan menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non-akademik untuk masuk ke UB.

Bagi yang berminat mendaftar seleksi mandiri jalur nilai rapor dan prestasi bisa langsung menyambangi laman https://admisi.ub.ac.id.

Baca juga: Jadwal KIP Kuliah 2024 Jalur Mandiri PTN-PTS Sudah Dibuka, Cek Tanggalnya

Jalur mandiri Universitas Brawijaya

Namun sebelum mendaftar, calon mahasiswa baru harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan umum seleksi mandiri UB

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C paling lama tahun 2022, dari sekolah terakreditasi yang dibuktikan sudah memiliki ijazah.
  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2024 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto) atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Lulusan Tahun 2024 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya.
  • Bagi lulusan Sekolah di luar negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud Ristek.
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Nilai rapor minimal rata-rata 75,00 per semester di bidang pengetahuan semua mata pelajaran (mulai dari semester 1-5).

Selain itu, pendaftar juga harus memenuhi beberapa persyaratan khusus seleksi mandiri jalur nilai rapor dan prestasi.

Berikut persyaratan khusus yang harus dipenuhi:

Persyaratan khusus seleksk mandiri UB

1. Prestasi akademik:

a. Peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 atau setara pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi dalam bidang:

  • olimpiade sains pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan bidang lainnya.
  • lomba Kompetensi Siswa.
  • lomba karya tulis ilmiah.
  • lomba story telling bahasa internasional.
  • lomba cerdas cermat.
  • lomba atau kejuaraan lain yang terkait dengan mata pelajaran yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Prestasi yang dimaksud adalah prestasi selama mengikuti pendidikan SMA/SMK/MA/MAK. Prestasi yang dinilai adalah prestasi yang dapat dibuktikan dalam sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah).

Sertifikat/piagam yang menuliskan nama Grup/Kelompok Wajib menyertakan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menjelaskan nama anggota yang termasuk dalam Grup/Kelompok tersebut.

Baca juga: Gagal Lolos SNBT 2024, Bisa Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS

2. Prestasi non akademik:

  • Peraih peringkat atau juara 1, 2, dan 3 pada tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, kesenian, ketrampilan, keagamaan.
  • Prestasi yang dimaksud adalah prestasi selama mengikuti pendidikan SMA/SMK/MA/MAK. Prestasi yang dinilai adalah prestasi yang terkurasi di Puspresnas (https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi) dan dapat dibuktikan dalam sertifikat/piagam/surat keterangan yang menuliskan nama peserta dan telah disahkan oleh pihak berwenang (pihak penyelenggara atau sekolah).
  • Sertifikat/piagam yang menuliskan nama Grup/Kelompok wajib menyertakan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menjelaskan nama anggota yang termasuk dalam Grup/Kelompok tersebut.
  • Hafidz dan hafidzah Al Qur’an minimal 5 Juz, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan.
  • Penghafal kitab suci dari berbagai agama diakui di Indonesia, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan.
  • Bagi peserta yang memilih Program Studi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  2. Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  3. Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
  4. Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah 2024 Jalur Mandiri PTS Dibuka 11 Juni

Demikian informasi mengenai jalur mandiri Universitas Brawijaya yakni Selma UB nilai rapor dan prestasi. Calon mahasiswa yang mau kuliah di Universitas Brawijaya masih bisa memanfaatkan jalur nilai rapor dan prestasi di UB ini. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat