airtronicfirearms.com

Cerita Davin Ikut Kompetisi Adu Kecerdasan "Clash of Champions"

Davin, mahasiswa Unair gabung Clash of Champions (CoC)
Lihat Foto

– Acara besutan Ruangguru, Clash of Champions (CoC) ramai diperbincangkan publik baru-baru ini.

Gameshow yang mengadu kecerdasan mahasiswa di dalam dan luar negeri itu diikuti oleh berbagai kampus ternama.

Salah satu peserta tersebut adalah Davin Firmansha, mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair angkatan 2023.

Davin menceritakan bawal mula ia bergabung di COC. Ia mengatakan sejak dulu telah aktif mengikuti berbagai perlombaan bidang sains dan teknologi (saintek) sejak duduk di bangku SMA. Hal itu membuatnya berhasil diundang mengikuti acara COC untuk beradu kecerdasan dengan mahasiswa berprestasi lainya.

Baca juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unair 2024 Semua Jurusan S1

“Perasaan saya senang sekali dapat berkesempatan untuk berkompetisi dengan beberapa mahasiswa berprestasi. Ada sedikit perasaan kagum dan tertekan karena lawan-lawan semuanya tidak mudah dan pastinya merasa tertantang karena hal tersebut,” ungkap Davin, dilansir dari laman Unair.

Ada banyak tahapan gabung CoC

Davin menjelaskan, bahwa untuk menjadi peserta CoC ada beberapa tahap yang harus dijalani oleh para calon peserta. Hal itu meliputi pencarian kandidat berdasarkan kriteria Ruangguru, verifikasi data diri, dan terdapat tes logika dan ketelitian.

“Setelah verifikasi data diri, pihak Ruangguru memberikan tes yang berbentuk logika dan ketelitian yang memiliki tingkat kesulitan tertentu,” terang Davin.

Ketika mengikuti CoC, pada awalnya Davin merasa kagum melihat para lawan-lawannya yang berasal dari kampus ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, prestasi yang mereka miliki sangat mentereng di tingkat nasional hingga internasional. Namun, hal itu sama sekali tidak menyudutkan nyali Davin sebagai mahasiswa Unair untuk bersaing dan bersinar di acara CoC.

Baca juga: Unair Sediakan Jalur Khusus KIP Kuliah di Seleksi Mandiri 2024

“Saya merasa siap untuk bersaing dengan mahasiswa dari kampus-kampus terbaik di Indonesia dan di luar negeri. Saya percaya, semua hal bisa dilalui jika kita tekun dan mengerahkan semua kemampuan yang kita milik,” terang mahasiswa Statistika UNAIR itu

Davin memaparkan, untuk berprestasi dan mempertahankan nilai semasa perkuliahan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi, terkadang para mahasiswa juga mengikuti berbagai kegiatan organisasi untuk meningkatkan soft skill.

Untuk itu, sebagai mahasiswa, perlu menanamkan motivasi pada diri sendiri agar terus bersemangat.

Unair telah memberikan fasilitas untuk menunjang para mahasiswanya berprestasi dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

“Saya berpesan kepada mahasiswa Unair agar bersyukur dengan kesempatan yang kita miliki sebagai mahasiswa Unair, memaksimalkan semua fasilitas yang ada untuk berkembang, dan jadilah yang terbaik,” pungkas Davin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat