airtronicfirearms.com

4 Makanan Khas Bali Favorit Turis China, Ada Lawar

ilustrasi nasi campur bali, salah satu makanan khas Indonesia.
Lihat Foto

Bali merupakan salah satu tempat wisata bagi orang Indonesia dan juga wisatawan dunia.

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Bali untuk berlibur melepaskan penat serta berwisata kuliner, contohnya seperti wisatawan Tionghoa yang sangat menyukai kuliner khas Bali.

Berdasarkan keterangan resmi dari laman Indonesia.Travel pada Desember 2023, ada sejumlah makanan khas Bali yang jadi favorit turis China.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bali Disiapkan untuk Delegasi World Water Forum

Makanan khas Bali favorit turis China

Berikut empat makanan khas Bali yang menjadi favorit turis dari Negeri Tirai Bambu (julukan China), mengutip dari laman Indonesia.travel:

1. Sate lilit

Sate lilit adalah hidangan yang terbuat dari daging atau ikan yang dicincang halus dan dicampur dengan bumbu.

Proses pembuatan sate dimulai dengan melilitkan daging atau ikan yang telah dibumbui di sebatang serai atau bambu.

Ilustrasi sate lilit khas Bali yang menggunakan bumbu base genep. shutterstock/Ariyani Tedjo. Ilustrasi sate lilit khas Bali yang menggunakan bumbu base genep.

Teknik ini menghasilkan lilitan daging yang berpadu dengan aroma serai, sehingga memberikan nama "lilit" pada hidangan ini.

Setelah dibentuk, sate lilit biasanya dipanggang di atas bara api atau arang batok kelapa, memberikan cita rasa khas dan aroma yang menggugah.

Baca juga: Resep Sate Lilit Ikan Tenggiri, Lebih Manis dan Lezat

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal matah dan kadang-kadang dihidangkan dengan acar mentimun atau sayuran segar sebagai pelengkap.

2. Nasi campur Bali

Nasi campur Bali adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam betutu, sate, tum ayam, lawar, sambal matah, dan lainnya.

Ilustrasi nasi campur Bali. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi nasi campur Bali.

Hidangan ini memadukan berbagai rasa dan tekstur yang berbeda, sesuai dengan ciri khas lokal Bali.

Campuran rempah khas Bali digunakan sebagai bahan dasar dan dimasak secara tradisional untuk memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada hidangan ini.

Baca juga: Nasi Campur Bali dan Pisang Rai, Makanan di Resto Hidden Gem Jaksel

Bagi wisatawan muslim, pastikan resto yang menjual nasi campur bali ini halal dan tidak mengandung babi dalam penyajian makanannya.

3. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah hidangan ayam khas Bali yang dimasak dengan rempah-rempah Bali dan dibungkus dalam daun pisang, lalu dipanggang atau direbus.

Ilustrasi ayam betutu, sajian khas Bali. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi ayam betutu, sajian khas Bali.

Hidangan ini terkenal dengan cita rasa pedas dan kaya rempah-rempah. Proses memasak ayam betutu membutuhkan waktu 3-4 jam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat