airtronicfirearms.com

Pengalaman Menyantap Makanan China dari Koki Restoran Bintang Michelin

Amuse Bouche berupa Crispy Fried Scalop Topped with Caviar karya Chef Tony Su dalam rangka kolaborasi eksklusif di T'ang Court Jakarta di The Langham Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Panorama pencakar langit Jakarta menyambut saya ketika keluar dari lift, Selasa (30/4/2024). Terang saja, restoran yang saya tuju hari itu, T'ang Court, terletak di lantai 61 The Langham, Jakarta. 

T'ang Court tengah mengadakan kolaborasi eksklusif antara Chinese Executive Chef dari restoran T'ang Court berbintang Michelin di The Langham, Shanghai, Chef Tony Su; dan Chinese Executive Chef dari T'ang Court Jakarta, Chef Chong Kooi Sam.

Baca juga: Apa Itu Bintang Michelin, Gelar Bergengsi di Dunia Kuliner?

Adapun bintang Michelin adalah penghargaan internasional yang diberikan untuk masakan yang dinilai luar biasa, dilaporkan oleh , Selasa (19/10/2021).

Restoran T'ang Court di The Langham, Shanghai, memperoleh satu bintang Michelin yang artinya menyajikan hidangan berkualitas tinggi. 

Menyantap set menu sembilan hidangan 

Kolaborasi eksklusif ini menyajikan hidangan yang terinspirasi dari Dinasti T'ang, periode di China yang terkenal akan kemajuan budaya dan kulinernya. Makanannya terkenal memiliki cita rasa kompleks dengan penyajian indah. 

Penyajian tersebut terlihat sejak saya duduk di kursi. Di atas meja, tertata alas makan berwarna biru, lengkap dengan penyangga sendok dan sumpit dengan ukiran naga. 

T'ang Court Signature Appetizer Platter by Chef Sam yang terdiri dari Crunchy Celery, Marinated Sliced Abalone, dan T'ang Court Peking Duck di T'Ang Court Jakarta di The Langham Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024)./Ni Nyoman Wira T'ang Court Signature Appetizer Platter by Chef Sam yang terdiri dari Crunchy Celery, Marinated Sliced Abalone, dan T'ang Court Peking Duck di T'Ang Court Jakarta di The Langham Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Di hadapan saya juga ada sejumlah saus atau sambal untuk ditambahkan ke menu sesuai selera, salah satunya saus yang berbahan dasar bawang putih. 

Namun, menurut saya, makanan yang dihidangkan dalam kolaborasi ini tidak perlu tambahan saus atau sambal lagi. Kecuali jika kamu menggemari rasa pedas yang lebih "nendang". 

Pengunjung bisa memilih antara set menu six course (enam hidangan) atau nine course (sembilan hidangan). 

Saya berkesempatan menyantap sembilan hidangan yang merupakan karya kedua koki, serta disajikan secara bergantian. 

Amuse Bouche berupa Crispy Fried Scallop Topped with Caviar menjadi santapan pembuka.

Menu karya Chef Tony Su ini terdiri dari scallop berukuran sedang yang digoreng rendam sehingga renyah di luar, tapi lembut di dalam.

Tepung yang melapisi bagian luar scallop pun ringan dengan ketebalan yang pas. 

Menu selanjutnya adalah T'ang Court Signature Appetizer Platter by Chef Sam, mencakup Crunchy Celery, Marinated Sliced Abalone, dan T'ang Court Peking Duck.

Menyantap menu appetizer ini ada urutannya karena ada tingkatan rasa, dari Crunchy Celery, lalu berlanjut ke Marinated Sliced Abalone, dan terakhir T'ang Court Peking Duck

Crunchy Celery disajikan di gelas kecil berisi potongan celery yang renyah, sedangkan Marinated Sliced Abalone terdiri dari potongan daging abalone yang kenyal, serta T'ang Court Peking Duck yang memiliki komposisi yang pas antara kulit, lemak, dan daging bebek. 

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat