airtronicfirearms.com

5 Cara Rebus Dada Ayam yang Empuk dan Juicy

dada ayam filet
Lihat Foto

 - Lupakan bayangan saat menikmati dada ayam alot dan kering. Ada cara merebus ayam ini mudah, cepat, dan anti gagal.

Memang, ayam rebus kadang dianggap sebagai "makanan diet" karena dimasak tanpa minyak dan dada ayam memang rendah lemak. Tapi ada banyak alasan kenapa ayam rebus tetap bisa dinikmati sendiri.

Salah satunya, ayam rebus menghasilkan daging ayam yang lembut, juicy, dan bisa digunakan untuk berbagai macam masakan. Dilansir dari laman The Kicthn, simak tips rebus ayam dengan teknik poaching.

Baca juga:

Apa itu teknik poaching?

Dilansir dari laman Washington Post, poaching adalah teknik memasak makanan dengan cara merebusnya perlahan di dalam cairan hingga matang.

Ini adalah cara memasak yang lembut dan bertahap, cocok untuk makanan bertekstur lembut seperti telur, ikan, dan buah.

Poaching memungkinkan protein dalam makanan matang tanpa kehilangan kelembapan. Sebaliknya, jika dada ayam dimasukkan ke dalam air mendidih, molekul protein akan cepat mengeras dan kelembapannya hilang.

Hasil akhirnya adalah daging ayam yang kering dan alot. Ayam bakar pun terkadang bisa menjadi kering karena alasan yang sama. Panggangan sangat panas saat ayam diletakkan di atasnya, sehingga kelembapannya hilang.

Cairan untuk merebus perlahan bisa sesederhana air atau lebih kaya rasa seperti kaldu atau bahkan minyak.

Biasanya, asam seperti anggur, jus lemon, atau cuka ditambahkan ke dalam cairan untuk membantu protein mengeras dengan cepat. Untuk menambah rasa, masukkan campuran rempah-rempah, bawang putih, dan merica ke dalam cairan.

Makanan tidak akan berwarna cokelat saat direbus perlahan, sehingga hasil akhirnya akan berwarna sangat pucat dan seragam. Ini bisa terlihat cantik dalam beberapa kasus - misalnya warna putih bersih dan kuning cerah telur rebus atau dada ayam putih bersih untuk salad ayam.

Namun, ikan putih yang direbus perlahan mungkin terlihat kurang menarik dibandingkan dengan yang berwarna cokelat keemasan dari oven.

Tips merebus dada ayam teknik poaching

Dilansir dari laman The Kitchn, untuk kamu yang suka menggunakan dada ayam tanpa tulang dan kulit untuk metode memasak ini, tetapi Anda juga bisa menggunakan dada ayam dengan tulang, bahkan paha atau stik drum.

1. Lepaskan Kulitnya

Ayam bisa dimasak dengan kulit, tapi kamu juga bisa membuangnya karena kulit tidak terlalu menambah rasa dengan metode memasak ini.

2. Simpan Cairan Masakan

Saring cairan rebusan dan menggunakannya untuk sup dan memasak nasi atau gandum.

3. Tambahkan Bumbu dan Rempah

Untuk menambah rasa, tambahkan bumbu apa pun yang ada di dapur seperti daun salam, beberapa siung bawang putih yang digeprek, rempah apa pun yang perlu dihabiskan.

Jika ada sisa anggur atau botol bir yang terbuka, tambahkan ke dalam cairan rebusan. Semua ini akan membumbui ayam saat direbus, membuatnya lebih beraroma dan menyenangkan untuk dimakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat