airtronicfirearms.com

Pengalaman Membuat Kimchi Pertama Kali di Jakarta Vegetarian Week 2024

Proses memasukkan kimchi ke dalam stoples dengan cara dipadatkan.
Lihat Foto

- Dua bonggol sawi putih berukuran cukup besar ditumpuk di dalam baskom berukuran sedang, di sebelahnya terdapat beberapa potong wortel dan gochugaru alias bubuk cabai khas Korea kemasan yang masih utuh.

Sore itu, Jumat (24/5/2024) saya berkesempatan ikut kelas membuat kimchi bersama Mercy Andrea, sang pembuat kimchi, pada acara Jakarta Vegetarian Week 2024 di Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara.

Baca juga:

Sejujurnya saya tidak terlalu suka dengan kimchi, karena lidah saya tidak terbiasa merasakan cita rasa fermentasi yang cukup asam. Namun, saya penasaran bagaimana proses pembuatan sayur fermentasi yang kerap digandrungi masyarakat ini.

Saya tergabung dalam satu tim beranggota tiga orang, masing-masing kami belum pernah membuat kimchi. Alhasil sebagai pemula, saya merasa berada di tim yang tepat.

Baca juga: Cara Simpan Kimchi yanng Benar, Simak Tips dari Ahli

Mula-mula, Mercy, sang instruktur kimchi mengarahkan untuk memotong bagian pangkal sawi putih, lanjut membelahnya menjadi empat bagian memanjang.

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi saat kelas membuat kimchi di Jakarta Vegetarian Week 2024, Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). / Suci Wulandari Putri Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi saat kelas membuat kimchi di Jakarta Vegetarian Week 2024, Emporium Mall Pluit, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Saya mendapat tugas memotong sawi, sementara anggota tim lainnya lanjut memotong sawi menjadi potongan kecil, kemudian membersihkannya dengan air di dalam baskom.

Setelah itu, setiap tim diminta untuk melumuri semua bagian sawi putih menggunakan garam. Garam yang digunakan ialah garam tanpa yodium, bongkahan garamnya cukup kasar, dan saya memberi tiga sendok makan garam untuk satu baskom isi sawi.

Baca juga:

Sementara sawi dibaluri garam dan dibilas dengan air bersih, saya mendapat tugas memotong wortel, sementara rekan yang lainnya memotong jamur sebagai campuran kimchi.

Potongan wortel dan jamur yang sudah dimarinasi./Antonius Aditya Mahendraa Potongan wortel dan jamur yang sudah dimarinasi.

Usai semua bahan utama siap, selanjutnya masuk ke tahap inti, yaitu menyiapkan bumbu marinasi. Di sini kami menggunakan campuran apel, tepung beras, gula merah, kombucha, dan gochugaru.

Sesuai kesepakatan, tim saya memasukkan sekitar tiga hingga empat sendok makan gochugaru, dan memberi sedikit tambahan kombucha untuk menambah rasa asam. Kemudian lanjut potongan wortel dan jamur dibaluri bumbu marinasi.

Saya sempat mencicipi rasa bumbu marinasi, dan terasa sangat asin cenderung asam, dengan sedikit hint pedas dari cabai.

Baca juga: Apa Itu Gochugaru, Bubuk Cabai Khas Korea untuk Bikin Kimchi?

Namun jika dibandingkan dengan bumbu marinasi yang dibuat oleh sang instruktur, bumbu marinasi buatan tim saya masih tergolong kurang asin.

Setelah sepakat dengan tim untuk menambah sedikit kombucha dan gochugaru, alhasil bumbu marinasi kami siap untuk dibaluri ke sawi putih.

Cara membaluri bumbu marinasi yaitu menggunakan tangan yang sudah dilapisi sarung tangan, setelah itu diremas-remas hingga semua bagian sawi terkena bumbu.

 bersama tim sedang belajar membuat kimchi saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024./Antonius Aditya Mahendraa bersama tim sedang belajar membuat kimchi saat acara Jakarta Vegetarian Week 2024.

Setelah dirasa cukup, tahap selanjutnya kimchi dimasukkan ke dalam stoples dengan cara dipadatkan. Tidak boleh ada udara di sela-sela sawi, semuanya harus dipadatkan menggunakan tangan hingga air kimchi menggenang di bagian atas.

Proses pembuatan kimchi telah selesai, dan setiap peserta dapat membawa kimchi buatannya pulang. Sebagai yang pertama kali mencoba membuat kimchi, menurut saya proses pembuatannya cukup mudah.

Hanya saya butuh kepekaan lidah untuk merasakan bumbu marinasi supaya rasanya tidak terlau asin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat