airtronicfirearms.com

Meneguk Es Palasari Kencana, Minuman Asam Segar dari Buah Pala

Sajian Palasari Kencana di restoran Kasima Pantai Indah Kapuk, Jumat (17/5/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Selain rasa, visual pun menjadi salah satu poin penting untuk menarik perhatian konsumen bila berkunjung ke sebuah restoran.

Itu lah yang temukan ketika mampir ke sebuah restoran yang khusus menyajikan masakan Nusantara di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, bernama Kasima.

Segelas minuman yang tampak cantik tersaji di meja, tampilannya serupa sirop stroberi, berwarna merah muda, dengan topping (pugasan) manisan pala dan edible flower berwarna ungu. 

Baca juga:

Minuman tersebut bernama Palasari Kencana, sajian tradisional berbahan dasar buah pala yang diolah sedemikian rupa menjadi lebih kekinian.

Aroma khas pala tercium kala gelas minuman saya dekatkan ke hidung. Layaknya pala sebagai rempah dengan cita rasa pedas, pada minuman ini tidak saya temukan adanya rasa pedas saat tegukan pertama.

Sensasi pala masih terasa, tetapi lebih dominan rasa asam, manis, dan segar. Semakin cocok menyegarkan tenggorokan di tengah teriknya cuaca kawasan PIK siang itu.

Pemilik restoran Kasima, Wawat Sumarna mengatakan, sensasi pedas dari pala sengaja dimodifikasi sehingga rasa minuman dapat diterima oleh lidah anak muda.

Baca juga:

Sementara itu, untuk topping manisan pala juga bisa dimakan, rasanya manis dengan sensasi kenyal buah pala yang dibaluri gula pasir putih.

Manisan pala ini diambil dari perajin manisan pala di daerah kelahiran sang pemilik restoran, Cianjur di Jawa Barat. Jadi, selain mendapatkan variasi minuman, juga bisa mengangkat eksistensi manisan pala dari tanah kelahiran.

Saya cukup tertarik dengan warna merah muda pada minuman Palasari Kencana. Pasalnya, buah pala tidak mengeluarkan warna serupa, warna merah muda pada segelas Palasari Kencana diperoleh dari ekstraksi bunga rosela.

Bila berencana mampir ke PIK, merekomendasikan untuk menjajal Palasari Kencana di Kasima. Lokasinya di East Coast By The Sea, Golf Island, Jalan Pantai indah Kapuk.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat