airtronicfirearms.com

8 Tips Pilih Slow Cooker, Salah Satunya Jangan Salah Pilih Ukuran

Ilustrasi slow cooker.
Lihat Foto

 

 - Di era modern yang serba cepat ini, kemudahan dan efisiensi menjadi hal yang utama. Di tengah kesibukan kita, slow cooker atau alat masak lambat semakin populer.

Alat ajaib ini menawarkan cara memasak tanpa perlu diawasi, mengubah bahan-bahan sederhana menjadi hidangan lezat.

Namun, dengan berbagai pilihan slow cooker di pasaran, memilih yang tepat bisa menjadi hal yang rumit. Jangan khawatir, panduan ini akan membekalimu dengan 8 tips penting untuk menjelajahi dunia slow cooker dilansir dari laman The Kitchn

Baca juga:

1. Metode Pemanas

Kebanyakan slow cooker memiliki dasar dari keramik yang dapat dilepas. Elemen pemanas biasanya terletak di bagian bawah, atau terkadang pada slow cooker yang lebih baik.

Elemen pemanas ini juga memanjang ke sisi wadah. Beberapa slow cooker hanya memiliki wadah keramik yang diletakkan di atas unit pemanas.

Dengan cara ini, panas tidak terdistribusi secara merata, dan kamu mungkin perlu mengaduk makanan lebih sering untuk mencegah gosong.

2. Bahan Wadah Keramik

Keramik dan porselen adalah pilihan yang populer, tetapi ada juga slow cooker dengan wadah logam.

Semua bahan ini dapat menghantarkan panas dengan baik, jadi pilihannya tergantung pada kebutuhan.

Namun, yang terpenting adalah wadahnya dapat dilepas untuk memudahkan pembersihan. Slow cooker dengan wadah dan unit pemanas yang menyatu akan merepotkan dibersihkan.

3. Material Tutup

Saat menggunakan slow cooker, sebaiknya kamu menghindari membuka tutupnya, karena hal ini dapat mengeluarkan panas dan memperpanjang waktu memasak.

Slow cooker dengan tutup kaca sehingga kamu dapat melihat apa yang terjadi di dalamnya tanpa melepas tutupnya.

4. Bentuk

Slow cooker standar hadir dalam bentuk bulat atau oval. Mana yang terbaik? Tidak ada jawaban pasti.

Pikirkan apa yang ingin kamu masak dengan slow cooker dan biarkan hal itu menentukan bentuk yang dipilih.

Misalnya, ayam utuh, brisket, atau iga akan lebih pas dimasak dalam slow cooker oval, tetapi jika kamu biasanya membuat kacang atau sup, bentuk tidak terlalu menjadi masalah dan bisa memilih yang lebih sesuai dengan ruang di lemari atau meja dapur.

5. Ukuran

Slow cooker tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang sangat kecil yang hanya berguna untuk menghangatkan saus, hingga yang berkapasitas sangat besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat