airtronicfirearms.com

2 Keunggulan Gizi Nasi Jagung, Disebut Aman untuk Pengidap Diabetes

Ilustrasi nasi jagung untuk tumpeng perayaan 17 Agustus.
Lihat Foto

JAKARTA, - Beras analog menjadi sebutan untuk beras yang bersumber dari karbohidrat selain padi. Kebanyakan beras analog dibuat dari umbi-umbian.

Beras jagung termasuk salah satu jenis beras analog, selain beras dari singkong, pisang, dan porang.

Menurut dokter spesialis gizi Mayapada Hospital, dr. Mulianah Daya, nasi jagung memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan nasi putih.

Keunggulan nasi jagung berasal dari kandungan nutrisinya yang kaya dan membuat jenis nasi ini aman dikonsumsi pengidap diabetes.

Selengkapnya, simak keunggulan nasi jagung berikut ini.

Baca juga: 

Keunggulan nasi jagung

1. Tinggi serat

Ilustrasi nasi campur Gorontalo yang umumnya mencakup nasi putih atau nasi jagung, dengan aneka lauk.Dok. Wikimedia Commons/Fiqhi Rizky Ilustrasi nasi campur Gorontalo yang umumnya mencakup nasi putih atau nasi jagung, dengan aneka lauk.

Kandungan kalori dan karbohidrat nasi jagung tidak jauh berbeda dengan nasi putih. Setiap 100 gram nasi jagung mengandung sekitar 175 kalori dan 40 gram karbohidrat, sama dengan nasi putih.

Namun, bila melihat kandungan seratnya, nasi jagung memiliki kandungan serat lebih tinggi daripada beberapa jenis nasi lainnya. 

"Nasi jagung ini mengandung tujuh gram serat setiap 100 gramnya," ujar dr. Mulianah dalam diskusi “Inovasi Diversifikasi Nasi Jagung dan Nasi Singkong Dailymeal sebagai Solusi Sehat Untuk Diabetes” di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

dr. Mulianah menekankan bahwa serat sangat penting untuk sistem pencernaan tubuh, yang mana 70 persen imunitas manusia ada di sistem pencernaan.

"Jadi manfaat serat itu sangat banyak. Bisa mengendalikan kadar gula darah dan mengenyangkan lebih lama," ujar dr. Mulianah.

Baca juga:

2. Tinggi antioksidan

Ilustrasi nasi jagung rice cooker. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi nasi jagung rice cooker.

Jenis sayur dan buah berwarna kuning umumnya mengandung antioksidan tinggi. Hal ini juga terjadi pada jagung.

Menurut dr. Mulianah, jenis antioksidan berupa betakaroten dalam jagung bermanfaat untuk kesehatan mata.

"Dengan adanya antioksidan ini cukup baik bagi pasien diabetes untuk mengatasi retinopati diabetik," kata dr. Mulianah. 

Retinopati diabetik merupakan bentuk komplikasi diabetes yang disebabkan oleh kadar gula tinggi hingga mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat