airtronicfirearms.com

5 Cara Simpan Daging Empal yang Tepat agar Tahan Lama

ilustrasi empal gepuk.
Lihat Foto

- Menikmati kelezatan empal sapi yang empuk dan kaya rasa menjadi momen spesial bagi banyak orang. Namun, seringkali pertanyaan muncul mengenai cara menyimpan empal agar tahan lama dan tetap lezat.

Cara simpan empal ini akan mengupas tuntas tentang hal tersebut untuk dinikmati kembali menjadi hidangan istimewa kapanpun diinginkan.

Temukan rahasia untuk menjaga tekstur empuk, rasa gurih, dan aroma menggoda empal favorit Anda, bahkan hingga berbulan-bulan lamanya.

Baca juga:

1. Durasi Penyimpanan

Menurut Chef Anton Kuswendi, empal dapat disimpan di freezer dengan suhu -18 derajat Celcius atau lebih selama 6 bulan. Sedangkan di chiller dengan suhu 0-5 derajat Celcius, empal hanya tahan 3 hari.

2. Jangan simpan terlalu lama

Chef Aguk Prasetiyo menyarankan untuk tidak menyimpan empal gentong terlalu lama, terutama karena penggunaan santan dalam proses masaknya.

Ilustrasi empal daging sapi suwir.DOK.SHUTTERSTOCK/Harinnita Detta Ilustrasi empal daging sapi suwir.

3. Pisah daging dan kuah

Pisahkan daging dan kuahnya untuk empal daging. Bungkus daging dengan plastik atau wadah kedap udara, lalu simpan di freezer. Kuahnya sebaiknya langsung disantap atau dibuang.

4. Cara buat kaldu empal 

Buat Kaldu Baru: Saat ingin menikmati kembali, cairkan daging beku di chiller atau suhu ruang. Masak kembali daging dengan kuah kaldu empal gentong baru yang dibuat terpisah.

5. Gunakan wadah kedap udara

Pastikan wadah penyimpanan kedap udara untuk mencegah kontaminasi dan menjaga kualitas empal. Beri label dan tanggal pada wadah penyimpanan untuk memudahkan identifikasi dan mengetahui batas waktu konsumsi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat