airtronicfirearms.com

3 Makanan Ini Punya Fungsi Baik untuk Penderita Gastritis atau Maag

Ilustrasi susu kedelai. Ilustrasi susu kedelai yang diperkaya, menjadi alternatif paling baik pengganti susu sapi.
Lihat Foto

Penderita gastritis atau maag perlu memperhatikan pola makan yang teratur dan jenis makanannya.

Hindari makanan yang merangsang keluarnya asam lambung, menimbulkan gas, bersifat asam, dan merusak dinding lambung.

Beberapa makanan berikut diragukan bagi penderita gastritis namun sebenarnya memiliki fungsi baik, berikut penjelasannya.

Dikutip dari buku "Masakan Lezat & Sehat untuk Penderita Gastritis" (2013) karya Lenny Jusup terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

1. Susu 

Susu kedelai mengandung isoflavon tinggi, berfungsi untuk mengurangi gelaja maag dan memperbaiki lapisan lambung yang mengalami iritasi sehingga fungsi lambung membaik dan sistem imun pada lambung meningkat.

Pada dasarnya susu sapi juga dapat dikonsumsi penderita gastritis karena susu sapi termasuk lemak yang larut dalam air, dan berfungsi menetralkan. Sebaiknya konsumsi susu sapi rendah lemak.

2. Pisang

Hampir semua jenis pisang yang sudah matang baik untuk penderita gastritis. Pisang mengandung magnesium, serat, lemak, dan potasium memperkuat katup LES (Lower Esophageal Sphincter).

Kandungan pektin yang tinggi pada pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap asam lambung, menyejukkan dan menyembuhkan peradangan serius.

Jus pisang dan susu dapat menetralkan keasaman lambung. Selain itu memberikan tenaga karena mengandung gula yang dapat diubah sebagai sumber tenaga.

3. Cokelat

Cokelat dapat membantu menghilangkan rasa nyeri pada lambung karena merangsang hormon serotonin di otak, selanjutnya akan memberi perasaan nyaman seseorang.

Seperti dark chocolate kandungannya tidak memiliki lemak jenuh yang terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Buku "Masakan Lezat & Sehat untuk Penderita Gastritis" (2013) karya Lenny Jusup terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli online di Gramedia.com.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat