airtronicfirearms.com

Mengintip Dapur Produksi Kopi Tuku, Roasting Kopi dan Memasak Gula Aren

Proses roasting biji kopi di Beragam Kopi Indonesia, Tangerang Selatan, Sabtu (22/6/2024).
Lihat Foto

- Eksistensi Toko Kopi Tuku semakin diminati \oleh masyarakat setelah dikenal sebagai pencetus kopi susu gula aren sejak 2015.

Cir khas kopi yang creamy dan harga yang ramah dikantong membuat kopi Tuku kerap digandrungi, khususnya oleh anak muda.

Di balik segelas kopi yang dihidangkan kepada konsumen, tentu ada proses produksi yang memperhatikan standar kualitas. Begitu pula yang dilakukan oleh Toko Kopi Tuku.

Baca juga:

Belum lama ini berkesempatan berkunjung ke dapur produksi yang memasok kopi ke setiap gerai Toko Kopi Tuku, yaitu di rumah produksi Beragam Kopi Indonesia pada Sabtu (22/6/2024).

Lokasinya ada di Blok H1, Nomor 16, Taman Tekno, Jalan Tekno Widya, Setu, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Mengintip dapur produksi Kopi Tuku

Di Beragam Kopi Indonesia, biji hijau kopi alias green bean yang datang dari petani mulanya akan melewati tahap green grading

Sederhananya, green grading ialah tahap mengklasifikasikan green bean dilihat dari bentuk fisiknya. 

Proses membuang ampas kopi di Beragam Kopi Indonesia, Tangerang Selatan, Sabtu (22/6/2024). / Suci Wulandari Putri Proses membuang ampas kopi di Beragam Kopi Indonesia, Tangerang Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Di sini akan dilakukan pemisahan green bean berdasarkan ukuran, dan memilah green bean yang defect atau cacat.

Setelah itu, itu green bean akan dilanjutkan untuk proses roasting. Setiap harinya, Beragam Kopi Indonesia meroasting sekitar 1,2 ton biji kopi

Usai di-roasting, selanjutnya akan dilakukan proses pemisahan bagian biji kopi yang rusak. Proses ini dilakukan pada saat pemindahan biji kopi yang sudah di-roasting ke dalam wadah berukuran besar.

Kopi yang selesai di-roasting dan lulus tahap uji kualitas nantinya akan dikemas dan dikirim ke 49 gerai Toko Kopi Tuku.

Baca juga:

Tidak hanya melihat proses roasting kopi, juga berkesempatan melihat proses pembuatan gula aren di pabrik Beragam Kopi Indonesia.

Gula aren yang datang dari petani mulanya dimasukkan ke dalam  tangki besar untuk dilakukan tahap penyaringan.

Proses identifikasi kopi dari aroma kopi di Beragam Kopi Indonesia, Sabtu (22/6/2024). / Suci Wulandari Putri Proses identifikasi kopi dari aroma kopi di Beragam Kopi Indonesia, Sabtu (22/6/2024).

Pada tahap ini ampas gula aren nantinya akan tertinggal di bagian penyaringan, sementara cairan gula aren yang tersisa akan turun ke tangki bagian bawah.

Ada dua tangki yang beroperasi dalam pengolahan gula aren, setiap tangki berkapasitas 500 kilogram.

Setiap harinya ada sebanyak 1,2 ton gula aren yang diolah, dengan rata-rata waktu memasak gula aren sekitar 2,5 jam untuk sekali memasak.

Baca juga: Resep Kopi Susu Gula Aren Kekinian ala Barista, Mirip Seperti di Kafe

Proses pengolahan gula aren untuk satu kali shift berlangsung selama delapan sampai sembilan jam. 

Penting untuk diketahui, pada saat kunjungan ke ruangan produksi, setiap orang memperhatikan kebersihan. Mulai dari mencuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai alat pelindung diri, masker, penutup kepala, dan alas kaki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat