airtronicfirearms.com

Kopi hingga Kacang Mente dari Labuan Bajo Tembus Pasar Internasional

Ilustrasi buah kopi atau biji kopi.
Lihat Foto

LABUAN BAJO, - Selain pesona alam yang indah, Labuan Bajo juga memiliki banyak produk usaha kecil menengah (UMKM) yang diminati pasar luar negeri.

Terbaru, produk UMKM kopi Manggarai, kacang mente, vanili, dan cengkih dikirim ke pasar Malaysia.

Ardiansyah, Direktur PT Royal Phinisi Julian, menjelaskan produk UMKM lokal Manggarai Barat yang diekspor ke Malaysia antara lain kepiting bakau hidup 200 kilogram, kopi biji (Manggarai), kopi bubuk, vanili, kacang mente, dan cengkeh masing-masing 10 kilogram.

"Produk UMKM itu sebelumnya dipasarkan lewat platform comodo.id transaksinya lewat situ, setelah mereka beli baru dikirim via cargo," jelas Adriansyah di Labuan Bajo, Kamis (27/6/2024).

Baca juga:

Selain produk UMKM, pihaknya juga mengirim 1,2 ton kerang darah dari Labuan Bajo ke Malaysia, pada Selasa, 25 Juni 2024, melalui Bandara Internasional Komodo.

"Ekspor perdana 1,2 ton kerang dara ke Malaysia, sebelumnya Thailand. Selama bulan Mei 2024 sudah terkirim sebanyak 15 ton dengan nilai uang mencapai Rp 1 miliar," beber dia.

Menurut Ardi kerang dara dari Labuan Bajo memiliki kualitas bagus. Hanya saja sejauh ketersediaannya bahan baku masih terbatas, di sisi lain permintaan dari pembeli tinggi.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengaku bersyukur atas keberhasilan ekspor hasil perikanan dan produk UMKM ke Malaysia dan Thailand.

Ia pun optimis akan ada kegiatan ekspor yang lebih besar lagi dari daerah pariwisata super prioritas itu.

"September ini ada penerbangan langsung dari Kuala Lumpur Labuan Bajo, kita harapkan kegiatan ekspor ini semakin maju. Pemerintah sangat senang karena ekspor kali ini sudah mulai melibatkan UMKM," katanya.

Pemda, kata dia, sangat bangga Labuan Bajo tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya tetapi juga karena punya produk unggulan dari laut, darat yang bisa dinikmati dan dikenalkan sampai ke luar negeri. 

Baca juga:

5 Tempat Makan di Labuan Bajo yang Dekat Tempat Wisata

Apa Itu Kopi Lanang dan Bedanya dengan Biji Kopi Lainnya?

Ia berharap kepada eksportir agar selalu menjaga mutu dan kualitas barang. Sebab, dengan produk yang berkualitas maka pelanggan akan merasa puas, mampu meningkatkan citra usaha, dan memperluas jangkauan pasar.

"Jangan sampai begitu ekspor pertama orang lihat, dan tidak mau lagi. Jadi mutu, kualitas dan kuantitas harus jadi prioritas, bila tiga hal ini kita pertahankan maka ekspor-ekspor seperti ini ke depan akan lebih banyak lagi," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat