airtronicfirearms.com

Intip Pembuatan Jamu Kekinian di Acaraki, Pakai Metode Espreso

Aneka bahan kering untuk membuat jamu kekinian di Acaraki Kota Tua.
Lihat Foto

JAKARTA, - Sama halnya dengan pembuat kopi profesional, ada juga sebutan untuk peracik jamu, yakni acaraki.

Acaraki berarti penjual jamu atau peracik jamu. Konon, acaraki termasuk profesi terpandang pada zaman Majapahit.

Sebutan acaraki kemudian dibuat menjadi merek kafe jamu kekinian, Acaraki Jamu, yang memiliki cabang di Kota Tua, Grand Indonesia, Mal AEON Tanjung Barat, Landmark Pluit, dan Gadjah Mada.

Baca juga: Resep Jamu untuk Hilangkan Bau Badan, Cuma 3 Bahan

Aris, acaraki di kafe jamu kekinian ini, mengatakan, selain menawarkan cita rasa jamu bervariasi, metode pembuatan jamunya pun menarik.

Salah satu pemberhentiaan Kompas Travel Walking Tour di Acaraki. Peserta bisa beristirahat sejenak sekaligus menikmati Golden Yoghurt./Krisda Tiofani Salah satu pemberhentiaan Kompas Travel Walking Tour di Acaraki. Peserta bisa beristirahat sejenak sekaligus menikmati Golden Yoghurt.

Alat-alat yang diletakkan di atas meja Acaraki nampak familiar bagi pencinta kopi. Ada gelas V60, grinder, hingga french fress.

"Kami membuat jamunya fresh. Bahan-bahannya ada di semua di sini, baru dibuat setelah ada pesanan," kata Aris saat menjelaskan pembuatan jamu kepada peserta Walking Tour di Acaraki Kota Tua, Minggu (30/6/2024).

Baca juga: 7 Varian Jamu untuk Bantu Jaga Kesehatan Harian

menyimak pembuatan jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua melalui penjelasan sang peracik berikut ini.

Racik jamu

Sebelum mulai meracik, Aris menampilkan stoples kecil berisi bumbu utama jamu yang sudah dikeringkan, seperti kunyit, kencur, jahe merah, beras putih, temulawak, dan jahe emprit.

Pembuatan jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua./Krisda Tiofani Pembuatan jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua.

Peserta diizinkan menghirup aroma kunyit kering yang berbentuk cacahan. Saya ikut menciumnya dan benar, aroma jahenya sangat kuat.

"Bahannya sengaja dikeringkan untuk memudahkan membuat minuman jamu. Kami hilangkan kadar airnya saja biar tahan lama, " jelas Aris.

Baca juga: Resep Jamu Lengkuas untuk Tingkatkan Nafsu Makan

Bumbu kering ini kemudian digiling menggunakan grinder, layaknya biji kopi yang akan diseduh.

Pembuatan jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua./Krisda Tiofani Pembuatan jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua.

"Ketika ada tamu datang ke Acaraki, kami baru giling bumbunya untuk menunjukkan pada tamu bahwa bahannya benar-benar segar," lanjut dia.

Selain kunyit, Golden Yoghurt juga dibuat dengan asam yang digiling terpisah menggunakan mesin berbeda pula.

Bubuk kunyit ditambahkan air panas dengan suhu 92 derajat Celsius. Panas, tetapi tidak mendidih.

Baca juga: Mengenal Gecok, Olahan Kambing yang Mulanya Dikenal Sebagai Jamu

Selanjutnya, kunyit diseduh dan dicampur asam, kemudian dipres menggunakan alat rok presso untuk mendapatkan ekstraknya.

Icip jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua./Krisda Tiofani Icip jamu kekinian bernama Golden Yoghurt di Acaraki Kota Tua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat