airtronicfirearms.com

12 Jenis Pizza yang Menarik untuk Diketahui, Ada Apa Saja?

Ilustrasi pizza vegetarian.
Lihat Foto

  - Siapa yang tidak kenal pizza? Makanan lezat satu ini telah menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua tergoda dengan kelezatan pizza yang tak tertandingi.

Namun, tahukah kamu bahwa pizza memiliki banyak jenis dengan ciri khas dan kelezatannya masing-masing? Penjelasan ini akan membawamu menjelajahi dunia pizza yang penuh keajaiban.

Mari kita simak 12 jenis pizza yang menarik untuk diketahui dan siap memanjakan lidah, dilansir dari laman The Kitchn. 

Baca juga:

1. Detroit-Style Pizza

Pizza khas Detroit tercipta pada tahun 1946 di Buddy's Pizza. Awalnya, pemilik restoran menggunakan loyang baja bekas bengkel mobil untuk membuat pizza persegi dengan pinggiran renyah.

Adonan ditekan ke dasar loyang, lalu keju dan saus ditambahkan. Hasilnya? Pizza super lezat dengan pinggiran keju yang kecokelatan dan renyah.

Ciri khas pizza Detroit ada pada adonan dan kejunya. Adonan lebih ringan dan bergelembung dibanding pizza Sisilia meski sama-sama tebal. Keju yang banyak dan minyak dari topping membuat pinggiran pizza Detroit terasa gurih dan renyah saat digigit.

2. New York-Style Pizza

Pizza ala New York terkenal dengan ukurannya yang besar, kerak yang tipis tapi kuat, dan bisa dilipat saat dimakan.

Tidak seperti pizza Neapolitan yang lembut, pizza New York lebih garing dan bertekstur karena dimasak dengan oven berbahan bakar batu bara.

Adonan yang dicampur gula dan minyak membuatnya mudah dibentuk tipis dan lebar. Toppingnya pun bervariasi, mulai dari saus tomat simple hingga keju mozzarella dan topping lain yang tidak membuat pizza terlalu berat.

3. Neapolitan-Style Pizza

Pizza ala Neapolitan mudah dikenali dari bentuknya: tipis di tengah, mengembang di pinggir, dan matang dalam waktu singkat di oven kayu bakar. Asalnya dari Naples, Italia, pizza ini memiliki aturan ketat.

Ukurannya tidak boleh lebih dari 35 cm dan hanya menggunakan topping klasik seperti saus tomat, mozzarella segar, dan basil atau saus tomat, oregano, bawang putih, dan sedikit cabai.

4. Sicilian Pizza

Pizza Sisilia terkenal dengan bentuknya yang tebal dan persegi. Berbeda dari Sfincione asli Sisilia yang memakai keju kambing dan saus dengan ikan teri, pizza Sisilia ala Amerika menggunakan saus tomat dan keju mozzarella yang lebih umum. Adonannya tebal dengan banyak rongga udara dan tekstur mirip roti focaccia.

5. Pizza Deep-Dish ala Chicago

Pizza deep-dish khas Chicago sangat tebal dan mengenyangkan, disajikan dengan pisau dan garpu. Tidak seperti pizza biasa, isiannya dibuat terbalik dengan keju di bawah, lalu daging dan sayuran, dan terakhir saus tomat. Adonannya tebal dan bermentega, lebih mirip pie crust daripada roti pizza.

Ilustrasi pizza puff pastry.Shutterstock/Anna_Pustynnikova Ilustrasi pizza puff pastry.

6. Pizza Apizza ala New Haven

Pizza apizza khas New Haven terkenal dengan bentuknya yang oval dan tipis. Uniknya, keju bukan topping wajib dan bisa dipilih sesuai selera.

Adonan difermentasi lama sehingga beraroma kuat dan bertekstur kenyal meski dipanggang dengan suhu tinggi. Pilihan toppingnya beragam, mulai dari saus tomat simple hingga pizza kerang putih dengan bawang putih dan rempah segar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat