airtronicfirearms.com

5 Tips Pilih Roti untuk French Toast, Bikin Dessert Seenak di Kafe

Ilustrasi french toast untuk sarapan
Lihat Foto

 French toast, hidangan sarapan dan brunch klasik yang digemari banyak orang, terkenal dengan kelembutannya yang memanjakan lidah.

Namun, tekstur dan rasa French toast yang sempurna sangat dipengaruhi oleh jenis roti yang digunakan. Memilih roti yang tepat adalah kunci untuk membuat French toast yang lezat dan memuaskan.

Dilansir dari laman The Kitchn dan All Recipes, simak dan ikuti tips memilih roti untuk french toast yang enak dan lembutnya maksimal. 

Baca juga:

1. Pilih Roti yang Kokoh

French toast pada dasarnya adalah roti yang direndam dalam campuran telur dan susu. Oleh karena itu, pilihlah roti yang cukup kuat untuk menahan cairan tanpa hancur. Hindari roti tawar tipis dan berlubang besar.

2. Perhatikan Tekstur Roti

Pilih roti dengan tekstur yang rapat dan seragam. Hindari roti dengan lubang besar atau tekstur yang tidak beraturan, karena akan kurang menyerap cairan custard secara merata.

3. Pilih Roti dengan Kulit Lembut

Roti tawar dengan kulit yang tipis dan lembut lebih mudah menyerap cairan custard dibandingkan roti dengan kulit yang tebal dan keras. Roti dengan kulit tebal biasanya membutuhkan waktu perendaman yang lebih lama, dan berpotensi meninggalkan bagian kering pada French toast kamu.

Ilustrasi french toast dengan air fryerSHUTTERSTOCK/MARGOUILLAT PHOTO Ilustrasi french toast dengan air fryer

4. Mitos Roti Basi

Beberapa resep French toast mungkin menyarankan penggunaan roti basi agar bisa menyerap lebih banyak cairan custard. Namun, roti basi yang dimaksud bukanlah roti yang benar-benar kering.

Menurut Cook’s Illustrated, roti basi biasanya masih mengandung air yang terperangkap di dalam remah roti. Air ini bisa dikeluarkan dengan cara dipanaskan di atas suhu 140 derajat Celcius.

Jika kamu ingin menggunakan roti yang lebih kering, keringkan roti tersebut dalam oven dengan suhu rendah (sekitar 150 derajat Celcius selama 15-20 menit) alih-alih dibiarkan semalaman. Kamu juga bisa menggunakan setting rendah pada toaster untuk mengeringkan roti.

5. Pilih Roti Sesuai Selera

Tips di atas adalah panduan umum. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis roti untuk menemukan tekstur dan rasa French toast favorit kamu. Beberapa pilihan roti yang umum digunakan untuk French toast adalah roti tawar tebal, brioche, challah, dan shokupan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat