airtronicfirearms.com

7 Cara Membuat French Toast ala Cafe, Pilih Roti Terbaik

Ilustrasi french toast dengan air fryer
Lihat Foto

 - Menikmati french toast ala kafe di rumah tidaklah sulit. Dengan mengikuti beberapa langkah mudah dan tips praktis, kamu bisa menyajikan french toast yang lezat dan manis layaknya hidangan di kafe favorit.

Pada artikel ini, akan membagikan 7 rahasia untuk membuat french toast ala kafe di rumah, dilansir dari laman Real Simple berikut ini. 

Baca juga:

1. Pilih Roti Terbaik

Roti tawar putih, seperti Pullma, dengan tekstur padat adalah pilihan klasik karena ketebalannya yang sempurna. Jika ingin rasa yang lebih kaya, kamu bisa menggunakan roti challah atau brioche yang mengandung lebih banyak telur.

Selain itu, roti yang semakin kering akan semakin mudah menyerap cairan custard, sehingga disarankan untuk menggunakan roti kemarin atau mengeringkan roti yang diiris setebal 1.5 cm selama 10 menit dalam oven dengan suhu 135 derajat Celcius sebelum dicelupkan ke dalam cairan custard.

2. Potong Roti dengan Ukuran Tepat

Untuk mendapatkan French toast dengan tekstur yang pas, hindari irisan roti yang terlalu tipis. Potong roti dengan ketebalan minimal 1.5 cm.

Irisan yang lebih tebal akan menyerap cairan custard lebih banyak dan menghasilkan French toast yang lebih beraroma.

3. Perhatikan Perbandingan Telur dan Susu

Campuran telur dan susu adalah bahan dasar cairan custard yang membuat French toast lembut dan beraroma.

Gunakan perbandingan 1/4 cup susu dan 1 telur untuk setiap 2 potong roti. Hindari penggunaan terlalu banyak putih telur karena bisa membuat French toast beraroma seperti telur orak-arik. Untuk French toast yang lebih kaya rasa, gunakan susu full cream.

Ilustrasi french toast. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi french toast.

4. Bumbui Cairan French Toast

Susu dan telur adalah bahan dasar cairan custard, namun kamu bisa menambahkan bumbu untuk menambah cita rasa.

Sejumput kayu manis, ekstrak vanilla, dan sedikit gula pasir dapat menambah aroma dan rasa manis yang khas pada French toast. Untuk sentuhan yang lebih dewasa, tambahkan sedikit minuman keras seperti spiced rum atau Grand Marnier.

5. Gunakan Wajan Antilengket

French toast terbuat dari roti yang dicelupkan ke dalam campuran telur, jadi untuk memudahkan proses memasak dan menghindari lengket, gunakan wajan anti lengket.

6. Pilih Sirup Maple Asli

Saat menyantap French toast, gunakan sirup maple asli yang terbuat dari nira pohon maple. Hindari sirup jagung atau sirup pancake karena rasanya tidak sama.

7. Tambahkan Topping Favorit

French toast bisa dinikmati dengan berbagai topping seperti ricotta cheese dan selai buah, butter dengan madu, atau kombinasi keduanya. Butter menambah rasa gurih dan aroma yang khas pada French toast.

Gunakan kombinasi butter dan sedikit minyak saat memasak French toast.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat