airtronicfirearms.com

Tips Masak Steak Daging Sapi ala Chef, Pilih Daging Berkualitas

Sajian Organic Grass Fed Sirloin with Creamy Andaliman Sauce di gerai Steak Hotel by HOLYCOW!, Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).
Lihat Foto

- Menurut Chef Yuda Bustara, pemilihan jenis daging sapi yang benar punya peran penting dalam menentukan tingkat keempukan daging, termasuk dalam hal ini daging untuk steak.

"Daging sapi impor biasanya lebih empuk dibanding daging sapi lokal," kata Chef Yuda di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).

Tidak hanya itu, pangan yang dikonsumsi sapi, jenis daging, serta cara memasaknya pun turut mempengaruhi olahan daging yang dibuat.

Baca juga:

Lantas, bagaimana cara mendapatkan hasil steak daging sapi yanng empuk?

Tips memasak steak daging sapi

Hal pertama yang perlu disiapkan sebelum memasak yaitu memilih jenis daging yang cepat empuk. Yuda mencontohkan, bisa mengambil daging sapi jenis organic grass fed sirloin.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Sebagai informasi, daging organic grass fed sirloin merupakan daging sapi Australia yagn diberi pakan organik berupa rerumputan, bebas bahan kimia, antibiotik, hormon, dan organisme termodifikasi secaraa genetik (non-GMO).

"Kalau pakai daging yang dari Australia, jenis grass fed pula, itu lebih empuk," katanya.

Maka tidak heran, daging sapi impor kerap dipilih untuk sajian steak, mengingat proses memasaknya yang terhitung sebentar.

Baca juga: 5 Tempat Makan Tendaan Enak di Jakarta Selatan, Ada Steak dan Bakmi

Sementara itu, tambahnya, daging sapi lokal punya tekstur yang lebih alot sehingga kerap diakali dengan proses memasak yang panjang supaya empuk.

"Kalau daging dari Indonesia, proses memasaknya jauh lebih panjang, seperti rendang dan dendeng, itu karena daging api Indonesia lebih keras," katanya.

ilustrasi daging steak di Meatime Pasar Modern Paramount Gading SerpongDok.Meatime Steak Serpong ilustrasi daging steak di Meatime Pasar Modern Paramount Gading Serpong

Setelah menentukan jenis daging, penting memilih alat masak yang tepat untuk mengolah steak. Yuda menyarankan menggunakan panci besi yang tebal supaya panas yang dihasilkan lebih lama.

Sedangkan jika memakai panci yang tipis akan membuat panci lebih cepat panas dan daging akan gosong.

Bila tidak punya panci untuk memasak steak, Yuda memberikan alternatif memasak steak menggunakan air fryer. Caranya, masukkan daging ke dalam air fryer lalu masak daging selama 20 menit menggunakan suhu maksimal.

Baca juga: Karakter Daging untuk Steak, Cegah Steak Jadi Alot

"Bisa pakai air fryer, bumbunya bisa pakai garam dan merica," katanya.

Kata Yuda, steak yang enak biasanya bisa diketahui dari rasa daging sebelum dicocol dengan saus. Bahkan, tambahnya, makin sederhana bumbu yang digunakan, rasa daging tetap enak asalkan kualitasnya bagus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat