airtronicfirearms.com

Menyantap Steak Saus Andaliman di Gandaria City,  Rempahnya Terasa

Sajian Organic Grass Fed Sirloin with Creamy Andaliman Sauce di gerai Steak Hotel by HOLYCOW!, Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).
Lihat Foto

- Harum aroma truffle menyeruak menyapa indera penciuman kala hidangan di sajikan di atas meja. Di atas pan yang masih panas tersaji susunan daging steak, potongan sayuran panggang, dan didampingi truffle fries yang tampak garing.

Selain aroma truffle yang membuat perut bergejolak hendak diisi, di samping steak yang masih hangat terdapat saus berwarna cokelat muda yang tidak kalah menarik.

Sekilas rupanya seperti kuah kacang, harum rempahnya menggelitik hidung, dan konsistensinya cukup kental kala dituang perlahan di atas daging.

Baca juga:

Namun siapa sangka saus creamy tersebut terbuat dari andaliman, yaitu merica dari tanah Batak.

Andaliman dikenal sebagai rempah yang mengeluarkan rasa pedas dan kebas di lidah. Penasaran dengan rasa daging steak dan saus, saya pun mencoba suapan pertama.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Mula-mula saya mencoba daging steak yang tidak dicampur apapun. Daging jenis organic grass fed sirloin ini cukup empuk dan juicy ketika digigit.

Dipadu dengan bagian lemak yang masih menempel pada daging, menyisakan rasa gurih dan tidak alot ketika dikunyah.

Sajian Organic Grass Fed Sirloin with Creamy Andaliman Sauce di gerai Steak Hotel by HOLYCOW!, Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024). / Suci Wulandari Putri Sajian Organic Grass Fed Sirloin with Creamy Andaliman Sauce di gerai Steak Hotel by HOLYCOW!, Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).

Setelahnya, saya mencoba memadukan daging steak dengan saus andaliman. Pada suapan pertama rasa pedas memang tidak terasa di lidah, tetapi setelah beberapa kali suapan, rasa kebas khas merica mulai memenuhi lidah.

Meskipun begitu, menurut saya rasa kebas yang dihasilkan dari merica khas Batak ini tidak terlalu mendominasi. Bahkan, sepertinya rasa kebasnya bisa ditoleransi lidah yang baru pertama kali mencicipi andaliman.

Jika ingin merasakan sensasi kebas asli dari andaliman, kamu bisa mencocol daging yang telah dicelup saus andaliman ke dalam bubuk andaliman. Rasa pedas dan kebasnya justru akan menusuk lidah.

Baca juga:

Porsi yang disajikan cukup mengenyangkan, apalagi disajikan dengan potongan kentang goreng krispi bertabur truffle sebagai karbohidrat.

Menurut saya kolaborasi steak dengan saus khas Indonesia ini cukup unik dan memberikan rasa berbeda bagi pencinta steak.

Tidak hanya membuat rasa steak jauh lebih sedap karena rempahnya, tetapi juga bisa mengenalkan andaliman lebih luas kepada masyarakat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat