airtronicfirearms.com

9 Jenis Mi Khas Jepang, Salah Satunya Udon

Ilustrasi udon
Lihat Foto

 - Jepang terkenal dengan budaya kulinernya yang kaya dan lezat. Salah satu hidangan yang paling digemari adalah mi.

Di balik ramen yang mendunia, terdapat ragam jenis mi khas Jepang lainnya yang tak kalah menggoda selera. Mari kita jelajahi 9 jenis mi khas Jepang yang populer, dengan udon sebagai salah satu bintangnya.

Baca juga:

Udon, dengan teksturnya yang kenyal dan rasa gurih, menjadi favorit banyak orang. Disajikan dalam kuah kaldu hangat yang kaya rasa, udon cocok dinikmati saat cuaca dingin maupun panas.

Dilansir dari laman The Kitchn, simak jenis-jenis mi khas Jepang yang satu ini.

1. Udon

Udon memiliki berbagai ukuran dan ketebalan. Udon dijual dalam bentuk segar, precooked, beku, dan kering.

Ada banyak variasi udon tergantung daerah. Dua jenis udon populer adalah Sanuki dan Inaniwa. Mi udon yang lebih tipis memiliki nama sendiri - kishimen, somen, hiyamugi, dan lainnya - meskipun mereka termasuk keluarga udon.

2. Sanuki Udon

Sanuki udon adalah spesialisasi daerah prefektur Kagawa. Ini adalah salah satu mi yang paling padat dan paling tebal (ketebalan 1,7 mm atau lebih).

Teksturnya yang kenyal sangat digemari orang Jepang. Teknik pembuatan udon datang ke wilayah ini dari China selama Dinasti Tang.

Pada masa lalu, pengrajin udon membuat mi dengan menginjak adonan kemudian memotongnya dengan tangan. Di zaman modern, udon sebagian besar dibuat dengan mesin.

ilustrasi udonShutterstock/Nishihama ilustrasi udon

3. Inaniwa Udon

Inaniwa udon adalah spesialisasi daerah prefektur Akita. Ini adalah mi tipis dan pipih (ketebalan 1,3 hingga 1,7 mm) yang dibuat dengan tangan (gaya tenobe) kemudian dikeringkan. Pasalnya jenis mi Jepang ini dibuat dengan tangan, produksinya tidak sebanyak Sanuki udon.

Inaniwa udon memiliki tekstur transparan saat direbus dan dikenal memberikan rasa nodogoshi yang halus, yaitu sensasi di tenggorokan saat Anda menelan mi. Inaniwa udon biasanya disajikan dengan sup atau saus celup berbasis dashi dari bonito dan kombu.

4. Kishimen

Kishimen adalah spesialisasi daerah prefektur Aichi. Mi tipis dan pipih ini (ketebalan 1,3 hingga 1,7 mm) juga termasuk keluarga udon.

Kishimen lebih tipis dari mi Inaniwa dan biasanya dijual dalam keadaan kering. Kishimen sering disajikan dalam sup berbasis dashi yang dibumbui dengan tamari atau miso.

5. Hiyamugi 

Hiyamugi adalah mi udon bulat tipis (ketebalan 1,3 hingga 1,7 mm) yang dibuat di berbagai wilayah Jepang. Beberapa helai mi berwarna hijau dan merah muda dicampur dengan mi kering putih untuk membedakannya dari mi somen.

Anak-anak merasa beruntung jika mereka mendapatkan mi berwarna. Hiyamugi bisa saling di tukar dengan somen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat