airtronicfirearms.com

Cara Bikin Kopi ala Barista di Rumah, Pemula Bisa Coba

Ilustrasi kopi ala barista.
Lihat Foto

TANGERANG SELATAN, - Menjamurnya aneka kopi lokal di pasaran saat ini tidak jarang membuat masyarakat perlahan mulai mengenal dan belajar bagaimana cara mengolah kopi yang benar di rumah.

Hal ini bertujuan supaya orang-orang bisa meneguk secangkir kopi seperti buatan barista handal tanpa perlu datang ke kedai kopi.

Bagi pemula yang ingin membuat kopi ala barista di rumah, peraih 3rd Winner World Brewers Cup 2024, sekaligus Head of Coffee Common Grounds, Ryan Wibawa memberikan beberapa tips membuat kopi bagi pemula.

Baca juga:

Cara bikin kopi ala barista di rumah

Ryan menyampaikan, cara paling sederhana untuk membuat kopi ala barista di rumah yaitu menggunakan alat bernama french press yang biasa dipakai untuk menyeduh teh.

"Coba pakai kopi press (french press), yang untuk menyeduh teh, ada filternya. Bisa coba di rumah dengan alat tersebut," kata Ryan saat temui di Dua Coffee, Tangerang Selatan, Jumat (5/7/2024).

Ia mencontohkan, kamu bisa membuat kopi dengan rasio kopi dan air sebanyak satu banding 15. Artinya, satu part kopi takarannya 15 part air.

Baca juga:

Peraih 3rd Winner World Brewers Cup 2024, sekaligus Head of Coffee Common Grounds Ryan Wibawa di Dua Coffee  Tangerang Selatan, Jumat (5/7/2024). / Suci Wulandari Putri Peraih 3rd Winner World Brewers Cup 2024, sekaligus Head of Coffee Common Grounds Ryan Wibawa di Dua Coffee Tangerang Selatan, Jumat (5/7/2024).

Misalkan, lanjutnya, kopi yang dipakai sebanyak 15 gram maka air yang dipakai yakni sekitar 220 mililiter sampai 250 mililiter. 

Sementara itu, untuk penggilingan biji kopi bisa pakai rentang medium hingga coarse (gilingan kasar).

"Kalau tidak punya ketel dengan temperature check, boleh didihkan air di kompor. Setelah air mendidih, diamkan air sekitar satu sampai dua menit, supaya suhunya turun," ujar Ryan.

 

Kemudian, tuang air ke dalam french press berisi kopi, lalu diamkan sekitar tiga sampai empat menit. Setelah itu saring ampas, dan secangkir kopi ala barista siap disajikan di rumah.

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat