airtronicfirearms.com

5 Tipe Daun Basil untuk Makanan atau Minuman Hangat

Ilustrasi pengganti daun basil untuk makanan
Lihat Foto

 - Dunia kuliner penuh dengan petualangan rasa, dan daun kemangi adalah salah satu kompas terbaik untuk menjelajahinya. Daun ini, dengan aromanya yang khas dan rasa yang kompleks, dapat membawa hidangan hangat.

Dilansir dari laman The Kitchn, sedikitnya ada sekitar 5 jenis daun basil yang biasa digunakan untuk berbagai hidangan. Salah satunya bisa ditanam dengan mudah di rumah.

Baca juga:

1. Kemangi Italia ‘Genovese’

Ini adalah jenis kemangi Italia klasik berwarna hijau manis. Cocok untuk pecinta pesto buatan sendiri. Tanaman ini tumbuh sekitar 60 cm dan lebar 30 cm dengan daun hijau tua yang mengkilap.

Panen daun kemangi ini secara rutin dan potong bunganya segera setelah muncul. Bunga berwarna putih memang cantik, tetapi akan membuat daun menjadi pahit dan mengurangi produktivitas tanaman.

Kemangi Italia cocok untuk membuat salad caprese, sandwich, atau ditaburkan di atas pizza saus tomat favorit.

2. Kemangi Thailand ‘Thai’

Bahan penting untuk banyak hidangan Asia Tenggara (seperti kari santan, pad krapow gai, dan pho), kemangi Thailand memiliki rasa licorice/anise yang ringan.

Tanaman ini juga menjadi hiasan cantik di taman, tumbuh setinggi 30-60 cm dengan kombinasi daun hijau dan batang ungu yang menawan.

Untuk menjaga produktivitas tanaman, potong bunganya segera setelah muncul.

3. Kemangi Lemon ‘Mrs. Burns’

Konon, Mrs. Burns pindah ke New Mexico bersama putranya pada awal 1950-an. Di sana, seorang tetangga dan tukang kebun lokal yang dihormati memberinya benih kemangi lemon pusaka yang telah dia tanam di kebunnya selama lebih dari 30 tahun.

Beberapa dekade kemudian, ketika putra Mrs. Burns memulai perusahaan benihnya sendiri, salah satu varietas pertama yang dia jual adalah, tentu saja, kemangi lemon Mrs. Burns, dan sekarang tersedia secara luas di seluruh Indonesia.

Dengan akar di Barat Daya yang gersang, tanaman ini lebih kuat daripada banyak varietas kemangi lainnya dan dapat menangani kondisi yang lebih kering.

Di dapur, gunakan kemangi lemon ini setiap kali membutuhkan sentuhan rasa jeruk - tumis, hidangan ayam panggang, atau sebagai hiasan untuk kue dan makanan penutup manis lainnya.

Ide lainnya adalah dengan masukkan beberapa daun ke dalam segelas limun atau es teh, dan berikan penghormatan kepada Mrs. Burns yang bijaksana.

Ilustrasi pesto dari daun basil. PIXABAY/ Lyubov Kardakova Ilustrasi pesto dari daun basil.

4. Kemangi ‘Spicy Bush’

Jika hanya memiliki ruang untuk pot kecil di balkon atau teras yang terkena sinar matahari, kemangi ‘Spicy Bush’ adalah pilihan yang tepat.

Tanaman dewasa tidak akan tumbuh liar atau tidak terkendali, tetapi tumbuh menjadi semak yang rapi dan kompak dengan tinggi sekitar 30 cm. Daunnya lebih kecil daripada kebanyakan varietas dan memiliki sedikit rasa pedas. Kemangi jenis ini cocok untuk hidangan ikan dan ayam serta dapat menambah cita rasa pada saus pasta atau Bloody Mary pedas.

5. Kemangi ‘African Blue’

Kemangi ‘African Blue’ memiliki ciri khas daun berwarna hijau dengan urat violet dan memiliki aroma kuat seperti cengkeh.

Gunakan secukupnya, ditaburkan dalam salad atau di atas makanan penutup manis. Perlu diketahui bahwa tanaman ini bisa besar dan tidak beraturan, seringkali tumbuh setinggi 1 meter atau lebih.

Tidak seperti semua varietas yang disebutkan di atas, tidak perlu memotong bunganya, karena ini adalah kemangi berbunga yang dimaksudkan untuk memamerkan bunga lavender kecilnya dan menarik banyak lebah. Sebagai bonus tambahan, stek mudah diperbanyak.

Potong cabang kecil, masukkan ke dalam air, dan setelah muncul akar, bisa dibagikan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat