airtronicfirearms.com

7 Jenis Tomat, Pernah Coba Masak yang Mana?

Ilustrasi tomat. Tomat bisa menjadi pemicu dan pereda asam urat.
Lihat Foto

 - Tomat adalah salah satu bahan dapur yang serbaguna dan banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia.

Dengan rasa yang segar dan kaya akan nutrisi, tomat tidak hanya menambah cita rasa tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Terdapat berbagai jenis tomat yang masing-masing memiliki karakteristik unik, baik dari segi rasa, tekstur, maupun warna. 

Dilansir dari laman The Kitchn, simak tujuh jenis tomat yang menarik untuk diketahui. 

Baca juga:

1. Tomat Beefsteak

Ini mungkin tomat pertama yang terlintas di pikiran saat kamu membayangkan tomat musim panas. Ukurannya besar, berwarna merah cerah, dan terasa berat. Tomat beefsteak berdaging tebal, juicy, dan memiliki rasa tomat yang ringan. Cocok banget untuk diiris buat sandwich BLT atau sandwich tomat klasik.

2. Tomat Cherokee Purple

Tomat ini termasuk jenis heirloom (warisan) dari tomat beefsteak, dengan warna ungu kemerahan yang cantik. Daging buahnya berwarna gelap dan memiliki rasa manis yang kaya dan dalam. Cocok diiris untuk sandwich atau membuat caprese yang memikat.

3. Tomat Plum atau Roma

Kamu akan menemukan tomat lonjong dan padat ini dengan kedua nama tersebut di pasar. Tomat ini juara untuk dibuat saus atau diawetkan (canning). Mereka memiliki sedikit biji dan kandungan air yang rendah. Soal rasa, tomat ini menawarkan keseimbangan sempurna antara manis dan asam. Cocok juga untuk resep yang membutuhkan tumisan cepat.

4. Tomat San Marzano

Tomat San Marzano berasal dari tanah vulkanis di sekitar Gunung Vesuvius di Italia Selatan. Meski ada yang bilang tomat San Marzano asli harus berasal dari tanah ini untuk mendapatkan rasa terbaik, tomat ini juga ditanam di tempat lain dan mungkin ada di toko sayur terdekat. Tekstur dan rasanya berdaging, dengan sedikit air, menjadikannya pesaing kuat tomat plum untuk saus dan canning. Tomat ini juga cocok untuk dikeringkan di oven.

5. Tomat Cherry atau Grape

Perbedaan utama tomat mungil ini terletak pada bentuknya - tomat cherry bulat seperti buah cherry, sedangkan tomat grape lonjong menyerupai buah anggur. Keduanya bisa digunakan secara bergantian karena sama-sama manis dan berair. Selain dimakan langsung, tomat ini bisa diiris untuk salad, dipanggang, atau bahkan diasinkan.

6. Tomat Sungold

Gigit tomat Sungold dan kamu akan merasa seperti sedang makan permen - mereka memang semanis itu! Tomat berwarna oranye seukuran seperempat uang logam ini mungkin yang paling manis yang pernah ditemui dan bisa dinikmati seperti tomat cherry atau grape.

7. Tomat Green Zebra

Jangan salah mengira tomat hijau ukuran sedang ini sebagai tomat mentah - mereka sebenarnya sudah matang sempurna. Tomat warisan ini memiliki garis-garis seperti zebra dan hadir dengan rasa yang segar. Iris tebal seperti tomat beefsteak dan gunakan di mana pun kamu biasanya menggunakan tomat merah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat