airtronicfirearms.com

8 Cara Membuat Ayam Suwir Tidak Kering dan Bumbu Meresap

Ilustrasi ayam suwir pelalah khas Bali.
Lihat Foto

 - Bagi pecinta hidangan ayam, ayam suwir adalah pilihan yang tak boleh dilewatkan.

Potongan ayam yang lembut dan empuk, berpadu dengan bumbu meresap yang kaya rasa, menjadikan ayam suwir favorit banyak orang.

Kabar baiknya, ada banyak resep ayam suwir yang bisa dicoba, dengan berbagai variasi rasa dan cara memasak. Dalam artikel ini, kami akan menghadirkan 8 resep ayam suwir lezat yang tidak kering dan bumbunya meresap sempurna.

Dari ayam suwir pedas manis ala Bali hingga ayam suwir santan yang gurih.

1. Ayam Suwir Pelalah Pedas Bali

Ayam pelalah Bali adalah ayam yang disuwir dan dimasak dengan bumbu pedas. Ayam mentah perlu dimarinasi dengan bumbu sebelum dimasak. Salah satu metode memasak ayam pelalah adalah dengan memanggangnya. Ayam pelalah biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi khas Bali seperti nasi jinggo.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Pelalah Pedas Khas Bali untuk Pelengkap Nasi Jinggo

2. Ayam Suwir Cabai Pete

Musim hujan telah tiba dan beberapa daerah berisiko banjir, jadi tidak ada salahnya membuat stok lauk yang tahan lama. Ayam suwir cabai pete bisa menjadi pilihan lauk praktis. Lauk ini juga cocok dijadikan bekal untuk ke kantor atau sekolah.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Cabai Pete, Bikin Stok Lauk yang Praktis 

3. Ayam Suwir Bumbu Rujak

Ayam suwir bisa dijadikan menu makan malam dengan bumbu rujak. Ayam suwir bumbu rujak dimasak dengan bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula jawa, daun jeruk, serai, lengkuas, daun salam, merica bubuk, dan garam. Membuat ayam suwir bumbu rujak cukup mudah, dan lezat disajikan dengan nasi hangat.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Bumbu Rujak untuk Lauk Nasi Hangat

4. Ayam Suwir Bumbu Rendang

Menyiapkan bekal untuk anak sekolah dan kantor tidak selalu mudah. Biasanya, lauk bekal harus cepat dibuat dan tahan lama. Cobalah resep ayam suwir bumbu rendang, yang bisa dijadikan stok lauk untuk bekal anak sekolah dan makan siang di kantor.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Bumbu Rendang, Stok Lauk Bekal Sekolah dan Kantor

Ilustrasi ayam suwir cabai pete.Dok. Sajian Sedap Ilustrasi ayam suwir cabai pete.

5. Opor Ayam Suwir

Selain disajikan dalam potongan, bumbu opor ayam bisa juga digunakan dengan ayam yang disuwir, cocok untuk lauk praktis. Lauk ini cocok dihidangkan dengan nasi putih hangat untuk berbagai acara, termasuk saat lebaran atau arisan di rumah. Bumbu opor ayam menggunakan santan kental dan cair, memberikan aroma yang lebih nikmat.

Baca juga: Resep Opor Ayam Suwir, Lauk Nasi Hangat yang Gurihnya Mantap

6. Ayam Suwir Bumbu Woku

Ayam suwir bumbu woku ini mudah dibuat dengan bahan sederhana. Siapkan dada ayam yang telah direbus dan disuwir, lalu olah dengan lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan jahe.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Bumbu Woku, Harum Daun Kemangi

7. Ayam Suwir Kecap

Ayam suwir kecap bisa menjadi pilihan masakan sehari-hari, terutama sebagai lauk pendamping nasi. Gunakan daging dada ayam tanpa kulit untuk resep ini. Bahan lainnya yang diperlukan termasuk daun salam, daun jeruk, lengkuas, cabai merah, minyak wijen, dan kecap inggris.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Kecap, Lengkap dengan Tambahan Sayuran

8. Ayam Suwir Bumbu Ketumbar

Ayam suwir cocok sebagai menu makan anak, karena mudah disantap tanpa tulang. Cobalah resep ayam suwir yang tidak pedas, seperti ayam suwir bumbu ketumbar. Aroma harum ketumbar membuatnya nikmat saat disajikan dengan nasi putih hangat dan kecap manis.

Baca juga: Resep Ayam Suwir Bumbu Ketumbar, Temannya Nasi Putih Hangat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat