airtronicfirearms.com

7 Makanan Atasi Insomnia, Konsumsi Sebelum Tidur

Kacang almond adalah salah satu kacang yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung.
Lihat Foto

 - Sering mengalami insomnia, resah gelisah di malam hari, dan sulit tidur, cobalah konsumsi 7 makanan penyelamat tidur ini sebelum tidur.

Kandungan alami dalam makanan ini membantu tubuh menjadi rileks, meningkatkan kualitas tidur, dan membuatmu bangun dengan perasaan segar di pagi hari. Dilansir dari laman Healthline dan Medical News Today, simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga:

1. Almond

Almond kaya akan berbagai nutrisi. Konsumsi rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, berkat lemak tak jenuh tunggal, serat, dan antioksidannya.

Almond juga mengandung vitamin B dan magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, almond mengandung melatonin yang membantu mengatur jam biologis tubuh.

2. Daging Kalkun

Daging kalkun kaya akan protein yang penting untuk menjaga otot tetap kuat dan mengatur nafsu makan.

Daging kalkun juga mengandung riboflavin, fosfor, selenium, dan asam amino triptofan yang meningkatkan produksi melatonin dan dapat menyebabkan rasa kantuk.

Protein dalam daging kalkun juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal yang terkenal dengan manfaat kesehatannya, termasuk flavones yang merupakan antioksidan yang mengurangi peradangan.

Teh chamomile juga mengandung apigenin, antioksidan yang dapat mengikat reseptor di otak dan mendorong rasa kantuk serta mengurangi insomnia. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kapsul chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Kiwi

Kiwi adalah buah rendah kalori dan kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Kiwi juga dapat membantu tidur lebih baik karena mengandung serotonin yang membantu mengatur siklus tidur.

Antioksidan dalam kiwi, seperti vitamin C, juga berperan dalam efek mempromosikan tidur, meskipun diperlukan lebih banyak bukti ilmiah untuk mengonfirmasi manfaat ini.

5. Jus Ceri Asam

Jus ceri asam mengandung nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, dan kalium, serta kaya akan antioksidan. Jus ini juga dikenal meningkatkan rasa kantuk karena tingginya kadar melatonin.

Studi menunjukkan jus ceri asam dapat membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi peran jus ceri asam dalam meningkatkan tidur.

6. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, trout, dan makarel sangat sehat karena kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Vitamin D dan omega-3 dalam ikan berlemak dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak. Misalnya, salmon sockeye mengandung 570 IU vitamin D per 85 gram, atau 71% dari kebutuhan harian.

7. Kenari

Kenari adalah kacang pohon yang kaya nutrisi dan sumber lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 dan asam linoleat. Kenari diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Beberapa peneliti mengklaim bahwa konsumsi kenari dapat meningkatkan kualitas tidur karena kandungan melatoninnya yang tinggi. Asam lemak dalam kenari juga dapat berkontribusi pada tidur yang lebih baik, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mendukung klaim ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat