airtronicfirearms.com

4 Cara Hilangkan Lemak di Sup dengan Mudah

Ilustrasi sup daging sapi
Lihat Foto

 - Sup adalah hidangan yang sering dijadikan pilihan karena rasanya yang lezat dan kemampuannya menghangatkan tubuh.

Namun, kandungan lemak dalam sup sering kali menjadi kekhawatiran bagi mereka yang ingin menjaga pola makan sehat. Lemak yang berlebihan tidak hanya mengurangi kualitas nutrisi dari sup, tetapi juga dapat mempengaruhi rasa dan tekstur hidangan.

Untungnya, ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menghilangkan lemak dari sup, dilansir dari laman USA Today dan Better Homes and Gardens berikut ini. 

Baca juga:

1. Siapkan Mangkuk dengan Es Batu

Mangkuk dengan es batu yang akan menjaga sendok sup tetap dingin. Letakkan es batu di dalam mangkuk dan celupkan sendok sup secara berkala untuk membuatnya tetap dingin dan siap beraksi.

2. Dinginkan Kaldu Semalaman

Simpan kaldu di kulkas semalaman. Sihir alam akan bekerja! Lemak yang terkandung dalam kaldu akan naik ke permukaan dan mengeras, sehingga mudah dipisahkan. Ini adalah cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan lemak.

Ilustrasi daging sapi lada hitam.Dok. Pexels/Jimmy Lynn Ilustrasi daging sapi lada hitam.

3. Skimming lemak dari kaldu panas

Gunakan sendok logam besar untuk menyendok lemak yang mengapung di permukaan kaldu panas.

Geser perlahan bagian bawah sendok sup di sepanjang permukaan kaldu. Lemak yang mengeras akan menempel pada sendok, sedangkan kaldu yang lezat tetap berada di bawah.

Secara berkala, lap bagian bawah sendok sup dengan tisu atau kain untuk menghilangkan lemak yang menempel. Pastikan sendok selalu bersih agar proses skimming tetap efektif.

4. Dinginkan kaldu terlebih dahulu

Cara yang lebih mudah menurut tim dapur uji coba kami adalah dengan mendinginkan kaldu terlebih dahulu. Tutup rapat dan simpan kaldu di kulkas selama 6-8 jam atau sampai lemak membeku di permukaan. Setelah itu, kamu bisa dengan mudah mengangkat lemak yang sudah mengeras menggunakan sendok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat