airtronicfirearms.com

Erdogan: Israel Akan Incar Turkiye Setelah Kalahkan Hamas

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengenakan syal dengan bendera Palestina dan Turkiye saat berkampanye di acara yang digelar Partai AKP untuk mendukung warga Palestina di Gaza. Kampanye ini diadakan di Istanbul pada 28 Oktober 2023.
Lihat Foto

ANKARA, - Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (15/5/2024) mengeklaim, Israel akan mengincar negaranya jika berhasil mengalahkan Hamas di Gaza.

Erdogan, yang vokal mengkritik perang Israel di Gaza, kerap menyatakan dukungannya kepada Hamas sebagai pembela Palestina.

“Jangan berpikir bahwa Israel akan berhenti di Gaza,” kata Erdogan kepada anggota parlemen partainya di ibu kota Ankara, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Komandan Hezbollah Tewas dalam Serangan Israel di Lebanon

“Jika tidak dihentikan... negara jahat dan teroris ini cepat atau lambat akan mengincar Anatolia,” imbuhnya, mengacu ke semenanjung Turkiye yang luas, juga disebut Asia Kecil dan meliputi lebih dari separuh wilayah negara tersebut.

“Kami akan terus mendukung Hamas, yang memperjuangkan kemerdekaan tanahnya sendiri dan membela Anatolia,” tambah Erdogan.

Sebelumnya, pada Senin (13/5/2024) mengatakan bahwa lebih dari 1.000 anggota Hamas dirawat di rumah sakit Turkiye saat perang berkecamuk di Gaza.

Baca juga:

Serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 mengakibatkan kematian lebih dari 1.170 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Hamas juga menyandera sekitar 250 orang, 128 di antaranya diperkirakan Israel masih di Gaza, termasuk 36 orang yang menurut militer telah tewas.

Adapun serangan balasan Israel di Gaza menewaskan lebih dari 35.000 orang yang mayoritas perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas itu.

Baca juga: Tank Israel Terus Bergerak ke Rafah, Warga Sipil Kembali Mengungsi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat