airtronicfirearms.com

Saat Ratusan Ribu Orang Antar Presiden Iran Ebrahim Raisi ke Tempat Peristirahatan Terakhirnya...

Sebuah foto yang disediakan oleh kantor kepresidenan Iran pada Kamis (23/5/2024), menunjukkan para pelayat Iran menghadiri pemakaman mendiang presiden Ebrahim Raisi di kota Mashhad. Raisi dan tujuh anggota rombongannya, termasuk menteri luar negeri Hossein Amir-Abdollahian, tewas dalam kecelakaan helikopter di lereng gunung yang diselimuti kabut di Iran pada 19 Mei.
Lihat Foto

TEHERAN, - Presiden Iran Ebrahim Raisi telah dimakamkan di kota asalnya, Masyhad, pada Kamis (23/5/2024).

Kantor berita AFP melaporkan, ada ratusan ribu orang yang turut mengantarkan Raisi ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebagian besar dari para pelayat hadir mengenakan pakaian hitam dan memegang bunga putih.

Baca juga: Menerka Masa Depan Politik Iran Setelah Kematian Presiden Raisi

Di sebuah jalanan di Kota Masyhad, orang-orang mengerubungi sebuah truk besar yang membawa jenazah Raisi.

Beberapa orang mengangkat tinggi-tinggi poster yang memberikan penghormatan kepada Raisi sebagai “pahlawan di medan perang”.

“Aku telah datang, wahai raja, berikan aku perlindungan,” demikian bunyi slogan yang terpampang di atas truk, merujuk pada Imam Reza, imam kedelapan dalam Islam Syiah.

Sebelumnya, prosesi pemakaman Presiden Iran dan sejumlah pejabat lain yang meninggal dalam kecelakaan helikopter telah juga digelar di sejumlah kota lain, termasuk Tabriz, Qom, Teheran, dan Birjand.

Di kota-kota tersebut, banyak orang juga untuk mengiringi iring-iringan petu jenazah Raisi dengan memegang foto Raisi dan mengibarkan bendera.

Raisi meninggal dunia di usia 63 tahun, setelah helikopter yang ditumpanginya bersama Menteri Luar Negeri Iran dan enam orang lainnya jatuh di daerah pegunungan barat laut Iran pada Minggu (19/5/2024).

Mereka saat itu tengah kembali dari peresmian sebuah bendungan di perbatasan dengan Azerbaijan.

Raisi adalah perwakilan Khorasan Selatan di Majelis Ahli, sebuah badan ulama yang bertugas memilih atau memberhentikan pemimpin tertinggi Iran.

Baca juga: Kepala Politik Hamas Ucap Duka Mendalam pada Pemimpin Tertinggi Iran

Raisi secara luas diperkirakan akan menggantikan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang memimpin doa di Teheran pada Rabu (22/5/2024) untuk mendiang presiden dan berlutut di depan peti jenazah delapan orang yang terbunuh dalam kecelakaan helikopter.

Di antara mereka adalah Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, yang dimakamkan pada Kamis (23/5/2024) di tempat pemakaman Shah Abdol-Azim di kota Shahre Ray, sebelah selatan ibu kota.

Para pejabat Iran dan pejabat asing memberikan penghormatan kepada mendiang diplomat top tersebut dalam sebuah upacara di Teheran menjelang pemakamannya.

Kerumunan massa telah berkumpul untuk prosesi pemakaman di ibu kota Iran pada Rabu untuk memberikan penghormatan terakhir kepada presiden, yang oleh para pejabat dan media dijuluki sebagai “martir”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat