airtronicfirearms.com

Wali Kota Paris Kecam Macron karena Gelar Pemilu Sebelum Olimpiade

Jadwal pertandingan sepak bola Olimpiade Paris 2024.
Lihat Foto

PARIS, - Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengkritik keras keputusan Presiden Emmanuel Macron untuk mengadakan pemilihan parlemen hanya beberapa minggu sebelum Olimpiade Paris.

Menurut Hidalgo, langkah tersebut sangat meresahkan dan dapat mempengaruhi persiapan serta pelaksanaan acara olahraga internasional tersebut.

Dalam pernyataannya, Hidalgo menyebut bahwa dirinya terkejut dengan keputusan Macron yang mengumumkan pembubaran parlemen setelah hasil pemilu parlemen Eropa diumumkan pada hari Minggu (9/6/2024).

Baca juga: Microsoft Sebut Rusia Manfaafkan Deepfake Tom Cruise Ganggu Olimpiade Paris

"Seperti kebanyakan orang, saya terkejut mendengar presiden memutuskan untuk melakukan pembubaran parlemen," katanya, seperti dilansir dari CNA.

Hidalgo mengungkapkan kekhawatirannya terhadap hasil pemilu yang menunjukkan partai sayap kanan National Rally mengalami kemenangan signifikan atas sekutu-sekutu Macron.

Menurutnya, situasi ini membuat pemilihan sebelum Olimpiade menjadi lebih mengkhawatirkan.

Pemilu parlemen dua putaran dijadwalkan berlangsung pada 30 Juni dan 7 Juli, sementara Olimpiade Paris akan dimulai pada 26 Juli.

Keadaan politik yang tidak stabil, seperti parlemen gantung atau kemenangan besar partai sayap kanan, dapat memperumit situasi.

Hidalgo menegaskan bahwa dari segi operasional, pemilu tidak akan mengganggu pelaksanaan Olimpiade.

Pandangan ini juga didukung oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach.

Baca juga: Demo Pro-Palestina di Paris, 10.000 Orang Protes Serangan Israel ke Rafah

"Saya pikir semua pekerjaan pemasangan, persiapan Olimpiade, infrastruktur sudah selesai dan yang tersisa hanyalah menyambut seluruh dunia dan kami akan melakukannya dengan gembira," ujar Hidalgo.

Bach menambahkan bahwa pemilu adalah proses demokrasi yang tidak akan mengganggu Olimpiade.

"Perancis sudah terbiasa menyelenggarakan pemilu dan mereka akan menyelenggarakannya sekali lagi. Kami akan memiliki pemerintahan baru dan parlemen baru dan semua orang akan mendukung Olimpiade," kata Bach.

Baca juga: Kepala CIA Bakal ke Paris, Bahas Lagi Gencatan Senjata di Gaza

Olimpiade Paris akan dibuka dengan upacara spektakuler di Sungai Seine pada tanggal 26 Juli, yang merupakan pertama kalinya perayaan pembukaan Olimpiade Musim Panas diadakan di luar stadion utama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat