airtronicfirearms.com

Blinken Berterima Kasih kepada Prabowo atas Dukungan RI pada Usulan Gencatan Senjata Gaza

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (C) menghadiri sesi pleno dalam konferensi ?Call for Action: Respon Kemanusiaan Mendesak untuk Gaza, di Laut Mati, Yordania, pada 11 Juni 2024. Yordania menjadi tuan rumah pertemuan puncak pada 11 Juni yang mempertemukan para pemimpin dan pejabat bantuan untuk membahas tanggapan kemanusiaan yang mendesak bagi warga Palestina yang mengalami lebih dari delapan bulan perang yang menghancurkan di Jalur Gaza, di mana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingatkan akan terjadinya kelaparan.
Lihat Foto

AMMAN, - Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia pada proposal untuk mencapai gencatan senjata segera di Gaza, dan upaya pembebasan semua sandera Israel.

Hal ini disampaikan oleh Blinken saat bertemu Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto di sela-sela KTT di Laut Mati, Yordania, pada Selasa (11/6/2024).

Prabowo sebelumnya telah berjanji untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian jika gencatan senjata yang didukung oleh PBB diberlakukan dan untuk meningkatkan bantuan medis dengan segera.

Baca juga: Hamas dan Jihad Islam Nyatakan Siap Capai Kesepakatan untuk Akhiri Perang Gaza

Sebagaimana dilansir AFP, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller menyampaikan, Menlu Blinken telah berdiskusi dengan presiden terpilih Prabowo mengenai bagaimana inisiatif gencatan senjata yang dipimpin oleh Amerika Serikat akan menguntungkan baik bagi Israel maupun Palestina. 

"Blinken berterima kasih kepada menteri pertahanan RI atas dukungan Indonesia terhadap proposal untuk mencapai gencatan senjata segera di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera," ucap Miller.

Berbicara pada KTT di Laut Mati, Yordania, Prabowo mengatakan, Pemerintah Indonesia siap mengirimkan tim medis, rumah sakit lapangan, dan kapal rumah sakit ke Gaza yang sedang dilanda perang.

Baca juga: PBB: Banyak Pihak Desak Hamas Laksanakan Gencatan Senjata di Gaza Tanpa Syarat

Dia juga mengatakan, Indonesia akan mengevakuasi 1.000 orang untuk mendapatkan perawatan medis di negara Asia Tenggara, serta anak-anak yang kehilangan orang tua mereka atau mengalami trauma lainnya, dan membantu mereka kembali ke Gaza setelah perang berakhir.

“Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara. Hanya dengan solusi dua negara dengan Palestina dan Israel yang hidup berdampingan dalam keamanan dan keselamatan, kita dapat menyelesaikan masalah ini," tambah Prabowo.

Amerika Serikat, sekutu lama Indonesia, telah mendorong peran global yang lebih besar bagi negara yang secara historis dikenal dengan moderasi agamanya ini, meskipun beberapa pejabat AS di masa lalu mempertanyakan apakah Jakarta memiliki ambisi semacam itu.

Indonesia tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel, namun Indonesia telah mengizinkan kontak terbatas seperti perdagangan, dan para pejabat Israel telah menyuarakan harapan yang dijaga untuk normalisasi pada akhirnya.

Sementara Amerika Serikat sebelumnya menolak visa Prabowo karena dugaan keterlibatannya dalam penculikan aktivis demokrasi di akhir masa kediktatoran Suharto, Presiden AS Joe Biden telah mengisyaratkan perubahan pendekatan dengan mengucapkan selamat secara pribadi kepada Prabowo.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat