airtronicfirearms.com

Rangkuman Hari Ke-868 Serangan Rusia ke Ukraina: Legiun Perang Baru | Storm Shadow Boleh Serang Rusia

Tentara Ukraina membawa senapan mesin saat latihan militer bersama pasukan Perancis di lokasi yang dirahasiakan di Polandia para 4 April 2024. Latihan ini digelar saat perang Rusia-Ukraina masih berkecamuk.
Lihat Foto

- Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-868 pada Rabu (10/7/2024), ditandai dengan rencana Kyiv membentuk legiun berisi pria usia tempur yang tinggal di luar negeri.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengizinkan Ukraina menggunakan rudal Storm Shadow yang dipasok negaranya untuk menyerang target militer di Rusia.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Pidato Berapi-api Biden Janjikan Pertahanan Udara Baru untuk Ukraina

1. Ukraina akan bentuk legiun perang

Militer Ukraina pada Rabu (10/7/2024) mengumumkan rencana pembentukan legiun perang berisi pria usia siap tempur yang tinggal di luar negeri.

Inisiatif ini diluncurkan seiring upaya Ukraina mengisi kembali pasukannya yang terkuras di garis depan.

Dinamai "Legiun Ukraina", pengumpulan pasukan ini dilakukan setelah perang melawan Rusia berlangsung lebih dari dua tahun, mengakibatkan banyak korban jiwa dan menguras tenaga militer.

Baca selengkapnya di sini.

2. Inggris izinkan Storm Shadow serang target di Rusia

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer pada Rabu (10/7/2024) mengindikasikan bahwa Ukraina boleh menggunakan Storm Shadow, rudal jarak jauh yang dipasok Inggris, untuk menyerang target militer di Rusia selama perang.

PM yang baru saja menjabat sejak Jumat (5/7/2024) itu mengatakannya di hadapan wartawan dalam penerbangan ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk menghadiri KTT 75 tahun berdirinya aliansi pertahanan NATO.

"(Bantuan militer Inggris) untuk tujuan pertahanan, tetapi Ukraina yang memutuskan bagaimana menggunakannya untuk tujuan pertahanan tersebut," kata Starmer.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: KTT NATO Sepakati Beri 5 Sistem Pertahanan Udara Tambahan ke Ukraina

3. Serangan Rusia tewaskan tiga orang di Ukraina selatan

Serangan Rusia menewaskan tiga orang di Ukraina selatan, termasuk di kota pelabuhan Laut Hitam, Odessa, kata pihak berwenang pada Rabu (10/7/2024).

Sejak melakukan invasi pada Februari 2022, Rusia kerap melakukan serangan malam hari di kota-kota seluruh Ukraina.

"Penyerang menargetkan infrastruktur pelabuhan di wilayah Odessa. Sayangnya, dua orang tewas, seorang penjaga keamanan dan seorang pengemudi truk," kata Gubernur Odessa Oleg Kiper.

Baca selengkapnya di sini.

4. Modi siap bantu pulihkan perdamaian di Ukraina

Perdana Menteri India Narendra Modi pada Rabu (10/7/2024) mengatakan, pihaknya siap membantu memulihkan perdamaian di Ukraina dengan memberikan semua dukungan yang memungkinkan.

Modi mengatakannya setelah tiba di Wina, Ibu Kota Austria, usai bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa untuk mendesak perdamaian melalui dialog.

Modi saat itu berkata kepada Putin, "Perang tidak dapat menyelesaikan masalah".

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Di Hadapan Putin, PM India Modi: Perang Tak Selesaikan Masalah, Kematian Anak-anak Sangat Menyakitkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat