airtronicfirearms.com

NATO Mulai Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Jet tempur F-16 milik Belgia saat latihan militer Air Nuclear NATO bertajuk Steadfast Noon di pangkalan udara Kleine-Brogel, Belgia, 18 Oktober 2022.
Lihat Foto

WASHINGTON DC, - Negara-negara NATO pada Rabu (10/7/2024) mulai mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh Kyiv.

Denmark dan Belanda sudah mulai mengirim F-16, sedangkan Belgia dan Norwegia berkomitmen menyediakannya, kata Gedung Putih Amerika Serikat (AS), dikutip dari kantor berita AFP.

"Saat kita berbicara, transfer jet F-16 sedang berlangsung, datang dari Denmark, datang dari Belanda," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada KTT 75 tahun berdirinya NATO di Washington.

Baca juga: Turkiye Akan Setujui Swedia Gabung NATO jika AS Jual F-16

"Jet-jet itu akan terbang di langit Ukraina musim panas ini untuk memastikan Ukraina dapat terus mempertahankan diri secara efektif terhadap agresi Rusia," lanjutnya.

Ukraina sejak lama menginginkan pesawat Barat yang canggih itu. Presiden AS Joe Biden pada Agustus 2024 memberi lampu hijau untuk mengirim F-16 buatan Amerika ke negara itu, meski sempat ada kekhawatiran berapa lama tentara Kyiv butuh waktu berlatih menggunakan pesawatnya.

Blinken menyebutkan, pengiriman jet F-16 seharusnya menjadi sinyal bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga:

"Hal itu memusatkan pikiran Vladimir Putin pada fakta bahwa ia tidak akan bertahan lebih lama dari Ukraina, ia tidak akan bertahan lebih lama dari kita, dan jika ia terus bertahan, kerusakan yang akan terus terjadi pada Rusia dan hal-hal yang terkait dengannya hanya akan semakin dalam," ujar Blinken.

"Cara tercepat untuk mencapai perdamaian adalah melalui Ukraina yang kuat," tambah diplomat tinggi Amerika tersebut.

Baca juga: Denmark Buktikan Komitmen Dukungan, Mulai Latih Pilot Ukraina Jet F-16

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat