airtronicfirearms.com

Chris Espinosa, Karyawan Terlama Apple, Bergabung pada 1976 di Usia 14 Tahun

Chris Espinosa, karyawan Apple yang paling lama bekerja, memulai kariernya di perusahaan tersebut pada usia 14 tahun saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas.
Lihat Foto

SAN FRANCISCO, - Chris Espinosa, karyawan Apple yang paling lama bekerja, memulai kariernya di perusahaan tersebut pada usia 14 tahun saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Perjalanan Espinosa dengan Apple dimulai pada tahun 1976 ketika ia bertemu Steve Jobs di Byte Shop milik Paul Terrell saat Jobs sedang memasang Apple I. 

Meskipun mendapat peringatan dari guru-gurunya di Homestead High School, tempat Jobs dan Steve Wozniak juga belajar, Espinosa berteman dengan Wozniak dan menjadi pengunjung tetap Homebrew Computer Club. 

Baca juga: Apple Luncurkan Integrasi AI Apple Intelligence, Seberapa Canggih?

Ia kemudian menjadi karyawan Apple nomor 8 saat masih di sekolah menengah, bekerja pada program dan demo publik untuk Apple II.

Dilansir dari NDTV, Menurut apple.fandom.com, Espinosa memulai tahun pertamanya di University of California, Berkeley pada tahun 1978, di mana ia bertemu Andy Hertzfeld dan menulis ulang panduan pengguna Apple II di bawah arahan Jef Raskin, manajer publikasi Apple. 

Ia kembali ke Apple penuh waktu sebagai direktur dokumentasi untuk proyek Macintosh, mempekerjakan tim untuk menulis dokumentasi teknis dan panduan pengguna.

Setelah proyek Macintosh, Espinosa bekerja di divisi Pemasaran Apple dan di proyek Kalieda. 

Saat ini, ia menjabat sebagai manajer departemen Komponen dan Skrip, yang berkontribusi pada pengembangan alat pengembang Xcode Apple.

Espinosa resmi bekerja di Apple pada Hari St Patrick tahun 1977, meskipun ia telah bekerja paruh waktu selama beberapa bulan. Ia hadir saat Apple didirikan pada bulan Januari 1977. 

Tugas awalnya adalah menguji sistem operasi Apple II BASIC, dan ia bahkan ikut membobol kantor Steve Jobs karena berbagai alasan.

Ketika Steve Jobs meninggalkan Apple pada tahun 1985 untuk mendirikan NeXT, Espinosa menjadi karyawan senior. Setelah Jobs kembali pada tahun 1997, status pekerjaan Espinosa diundur untuk mencerminkan layanannya yang berkelanjutan. 

Baca juga: Batal Bikin Mobil Listrik, Apple Lirik Rencana Buat Robot Pribadi

Selama lebih dari 45 tahun kariernya, Espinosa telah menyaksikan evolusi Apple dari Apple I yang dibuat dengan tangan menjadi produk-produk canggih seperti iPhone dan iPad. 

Baca juga: Tim Cook Ungkap Rencana Apple Ciptakan AI Generatif

Dedikasi dan kontribusinya telah memantapkan posisinya sebagai tokoh penting dalam sejarah Apple.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat