airtronicfirearms.com

Alasan Tak Terduga Wimbledon Ganti Bola Tenis Jadi Kuning pada 1986

Ilustrasi bola tenis.
Lihat Foto

 

LONDON, – Kejuaraan Tenis Wimbledon yang bergengsi mengalami perubahan kecil namun signifikan pada tahun 1986.

Perubahan tersebut adalah peralihan dari bola tenis putih klasik ke bola tenis kuning. Langkah ini diambil untuk meningkatkan visibilitas bola bagi pemirsa televisi.

Menurut laporan CNN, bola tenis pada umumnya berwarna putih atau hitam. Namun, dengan hadirnya televisi berwarna dan meningkatnya popularitas tenis pada akhir tahun 1960-an, penyiar menyadari perlunya membuat permainan lebih menarik dan mudah diikuti di layar kaca.

Baca juga: Kibarkan Bendera Rusia, Empat Orang Diusir dari Ajang Tenis Australia

Tokoh terkemuka dalam penyiaran Inggris, David Attenborough, memainkan peran penting dalam perubahan ini. 

Selama bekerja di BBC saat transisi ke televisi berwarna, Attenborough menyadari kesulitan pemirsa dalam melihat bola tenis putih bergerak di lapangan rumput. 

Penemuan ini mendorong Federasi Tenis Internasional (ITF) untuk melakukan penelitian, yang kemudian menemukan bahwa bola kuning memang meningkatkan visibilitas di layar televisi.

Pada tahun 1972, ITF secara resmi merekomendasikan perubahan ke bola tenis kuning atau putih, dengan permukaan yang seragam untuk kedua warna. 

Namun, Wimbledon tetap menggunakan bola putih hingga tahun 1986 sebelum akhirnya beralih ke bola kuning untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih baik bagi jutaan penggemar di seluruh dunia.

Kejuaraan Wimbledon 2024 dimulai pada 1 Juli dan akan berlangsung selama dua minggu. 

Baca juga: Dugaan Sertifikat Vaksin Covid-19 Palsu Pemain Tenis Italia

Final ganda putra dan putri akan berlangsung pada 14 Juli, menandai berakhirnya kompetisi tahun ini. Acara tahunan yang bergengsi ini diadakan di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat