airtronicfirearms.com

6 Ide Ruang Tamu Modern Abad Pertengahan, Cantik dan Nyaman

Ilustrasi ruang keluarga di rumah bergaya abad pertengahan.
Lihat Foto

JAKARTA, - Ruang tamu modern abad pertengahan kini banyak disukai. Selain cantik, ruangan bergaya modern abad pertengahan juga sangat mengutamakan fungsi. 

Estetika ruangan bergaya modern abad pertengahan sebagian besar ditentukan oleh filosofi less is more dengan garis-garis yang bersih, finishing kayu, memaksimalkan cahaya alami, dan menghadirkan alam terbuka di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Rumah Bergaya Modern Abad Pertengahan

Desain ini memberikan kenyamanan lebih dan membuat suasana rumah terasa lebih menyenangkan. Dikutip dari The Spruce, Sabtu (11/5/2024), berikut ini beberapa ide ruang tamu modern abad pertengahan yang cantik dan nyaman. 

Menggunakan furnitur modular

ilustrasi furnitur modular di ruang tamuShutterstock/Followtheflow ilustrasi furnitur modular di ruang tamu

Arsitek Alan Koch dan desainer Karen Spector dari firma Lovers Unite menyegarkan rumah modern abad pertengahan dengan sofa modular Togo. 

Furnitur modular membuat ruang tamu terasa lebih nyaman. Padukan furnitur modular dengan meja kopi dan dinding berpanel kayu untuk memberikan kesan hangat dan nyaman. 

Baca juga: 8 Keuntungan Memiliki Sofa Modular, Cocok untuk Segala Ukuran Ruangan

Hadirkan tekstur mencolok

Selanjutnya, ide ruang tamu modern abad pertengahan yaitu menghadirkan tekstur mencolok, seperti karpet bermotif macan tutul yang dipadukan dengan furnitur bergaya abad pertengahan. 

Pajangan atau dekorasi berukuran besar juga bisa dihadirkan dalam ruang tamu modern abad pertengahan. Meski menggunakan berbagai dekorasi dan furnitur, ruang tamu harus tetap mencerminkan keunikan penghuninya. 

Memasang lantai teraso

Pilih lantai teraso untuk tampilan abad pertengahan yang autentik. Risa Boyer, seorang arsitektur mengatakan bahwa lantai teraso membuat tampilan ruangan lebih indah. 

Selain itu, material ini juga tahan lama. Lantai teraso sering terlihat pada rumah-rumah abad pertengahan di California dan Florida. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Lantai Teraso dengan Mudah

Membuat dinding dari batu asli

Dinding batu asli bisa memberikan daya tarik tersendiri. Erin Williamson, seorang desainer interior, mengatakan bahwa umumnya rumah bergaya abad pertengahan memiliki langit-langit berbentuk kubah dan jendela segitiga. 

Gaya rumah tersebut akan terlihat semakin sempurna apabila dipadukan dengan perlengkapan lampu yang dibuat khusus, sehingga bentuk khas struktur rumah semakin terlihat. 

Pajang rak built-in dari kayu

ilustrasi rak di ruang tamuShutterstock/Artazum ilustrasi rak di ruang tamu

Ide ruang tamu modern abad pertengahan yaitu memajang rak built-in dari kayu. Rak kayu ini membuat ruang tamu terlihat lebih estetik. 

Selain itu, rak built-in dari kayu juga bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan, sehingga ruang tamu lebih rapi. 

Baca juga: 6 Cara Menata Rak di Ruang Tamu agar Fungsional dan Menarik

Letakkan sepasang kursi gantung

Kursi gantung juga bisa diletakkan di ruang tamu bergaya modern abad pertengahan. Kursi ini memberikan kesan modern dan unik di ruangan tersebut. 

Tak hanya itu, kursi gantung dengan bantal yang empuk membuat ruang tamu terasa lebih nyaman dan hangat. 

Nah, itulah ide ruang tamu modern abad pertengahan yang nyaman dan estetik. Gaya modern abad pertengahan bisa menjadi pilihan untuk membuat ruang tamu terlihat unik dan berkarakter. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat