airtronicfirearms.com

Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Tata Letak Dapur Berbentuk I

ilustrasi dapur berbentuk I
Lihat Foto

JAKARTA, - Tata letak dapur berbentuk I merupakan desain yang cocok untuk ruangan kecil. Dapur berbentuk I terlihat rapi, efisien, dan fungsional. 

Tata letak dapur berbentuk I membuat area dapur terlihat lebih terbuka, sehingga mempermudah mobilitas di ruangan tersebut. 

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Berbentuk U Agar Terlihat Cantik dan Menarik

Dapur berbentuk I bisa menjadi pilihan desain untuk dapur di rumah. Namun, sebelum membuat dapur berbentuk I, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan desain interior ini. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (12/5/2024), berikut ini penjelasan lengkap seputar tata letak dapur berbentuk I. 

Mengenal tata letak dapur berbentuk I

ilustrasi dapur berbentuk IShutterstock/brizmaker ilustrasi dapur berbentuk I

Sesuai dengan namanya, dapur berbentuk I menyerupai huruf I. Artem Kropovinsky, pendiri dan desainer utama di Arsight, mengatakan bahwa dapur berbentuk I dikenal juga sebagai dapur satu dinding. 

Baca juga: 4 Keuntungan Memiliki Dapur Berbentuk U, Apa Saja?

Dapur ini ditandai dengan semua lemari, peralatan, dan meja ditempatkan di satu dinding. Menempatkan lemari di satu sisi dinding memungkinkan adanya ruang jalan yang luas, terutama jika dapur terhubung dengan ruangan lain di setiap sisinya. 

Dapur berbentuk I tidak hanya populer di ruangan kecil. Dapur besar dan terbuka juga bisa dibuat dengan tata letak berbentuk L. 

Becca Casey, dari Becca Interiors, mengatakan tata letak dapur berbentuk I sangat ideal untuk ruang terbuka seperti apartemen atau wisma. 

Baca juga: 5 Inspirasi Dapur Berbentuk L yang Trendi dan Modern

Kelebihan tata letak dapur berbentuk I

Menurut Becca, dapur berbentuk L bisa menyisakan banyak ruang di dapur, sehingga cocok untuk dapur kecil. Dengan menempatkan lemari dan peralatan di satu dinding, maka area jalan setapak menjadi lebih luas. 

Sementara itu, Becky Shea seorang desainer interior, mengatakan kelebihan tata letak dapur berbentuk I juga bisa memaksimalkan penyimpanan.

Dengan tata letak dapur seperti ini, lemari yang tinggi tidak akan terasa penuh karena banyak ruang yang terbuka. 

Kekurangan tata letak dapur berbentuk I

ilustrasi lemari dapur di dapur berbentuk IShutterstock/brizmaker ilustrasi lemari dapur di dapur berbentuk I

Meski bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, tata letak dapur berbentuk I juga memiliki kekurangan. 

Baca juga: 4 Tata Letak Dapur Terburuk yang Harus Dihindari Menurut Para Ahli

Menurut Becca, kekurangan tata letak dapur berbentuk I yaitu membuat kapasitas penyimpanan terlihat sangat kecil. Maka dari itu, pemilihan perlengkapan dapur harus disesuaikan agar ruang penyimpanan bisa digunakan dengan maksimal. 

Nah, itulah penjelasan singkat seputar tata letak dapur berbentuk I. Sebelum membuat dapur berbentuk I, penting untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari desain dapur ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat