airtronicfirearms.com

Cara Mengecat Tangga Kayu agar Terlihat Lebih Cantik dan Menarik

ilustrasi mengecat tangga kayu
Lihat Foto

JAKARTA, - Tangga kayu kini banyak disukai karena bisa menghadirkan suasana nyaman di dalam ruangan. Selain itu, material kayu juga memberikan warna dan motif yang estetik, sehingga membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Namun, perlu diketahui bahwa warna pada tangga kayu mudah pudar. Jika sudah pudar, tangga kayu akan terlihat kusam dan kurang menarik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Tangga Kayu Keras dan Tangga Berkarpet

Maka dari itu, penting untuk rutin melakukan penyegaran dengan cara melakukan pengecatan ulang. Proses pengecatan tangga kayu sebenarnya cukup mudah, namun harus dilakukan dengan hati-hati agar cat tidak menetes ke area lain yang tidak ingin dicat. 

Dikutip dari Livingetc, Rabu (15/4/2024), berikut cara mengecat tangga kayu dengan mudah dan cepat. 

Tentukan bagian tangga yang akan dicat

mengecat tangga kayuShutterstock/MDV Edwards mengecat tangga kayu

Sebelum mulai mengecat, luangkan waktu untuk menentukan bagian tangga yang akan dicat. Sebab, mengecat di area yang tepat akan membuat cat bertahan lama dan membuat tangga terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Tangga Menurut Feng Shui agar Tak Sial

Stephanie Lindsey, desainer interior di Etch Design Group, menyarankan untuk mengecat anak tangga, namun bukan di area yang sering dilalui atau menjadi tempat kaki berpijak. 

Area yang cocok dicat yaitu anak tangga di bagian samping, sedangkan bagian tengahnya dibiarkan tidak dicat karena biasanya area tengah anak tangga lebih sering dilalui. 

Selain membuat cat lebih tahan lama, pengecatan seperti ini juga membuat anak tangga terlihat unik dengan semburat warna yang menarik. 

Melakukan persiapan sebelum pengecatan

Setelah menentukan area yang akan dicat, bersihkan area tersebut menggunakan penyedot debu. Lalu, seka setiap anak tangga menggunakan kain lembap untuk memastikan tidak ada noda kering yang tertinggal. Terakhir, keringkan menggunakan kain bersih. 

Apabila tangga sudah bersih, langkah selanjutnya yaitu mengampelas anak tangga agar permukaan yang akan dicat lebih halus. Selain membuat permukaan lebih halus, pengampelasan membuat cat melekat dengan sempurna. 

Baca juga: 10 Jenis Tangga yang Bisa Membuat Ruangan Lebih Menarik

Mulai melakukan pengecatan

Proses mengecat anak tangga diawali dengan menempelkan selotip untuk memisahkan area yang akan dicat dan tidak dicat. Dengan demikian, hasil akhir pengecatan menjadi lebih rapi. 

Selanjutnya, cara mengecat tangga kayu yaitu melapisi anak tangga menggunakan cat dasar berkualitas dan tahan lama. Pastikan cat dasar tersebut khusu untuk kayu. 

Direkomendasikan menggunakan cat dasar berbahan air karena lebih tahan lama, sehingga cocok untuk area yang sering dilalui seperti anak tangga. 

Ilustrasi tangga rumahShutterstock/Cinematographer Ilustrasi tangga rumah

Apabila cat dasar sudah kering, maka langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan cat ke anak tangga secara perlahan. Lakukan pengecatan secara hati-hati agar cat tidak menetes atau mengenai bagian yang tidak dicat. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat yang Dapat Mencerahkan Tangga Rumah

Perlu diketahui juga bahwa pengecatan mungkin menyebabkan permukaan anak tangga menjadi licin. Maka dari itu, sebaiknya pilih cat yang mengandung bahan anti selip agar lebih aman. 

Biarkan cat mengering dengan sendirinya. Jangan injak anak tangga yang baru dicat sampai benar-benar kering. 

Itulah cara mengecat tangga kayu dengan benar. Pengecatan ulang membuat anak tangga kayu terlihat lebih cantik dan menarik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat