airtronicfirearms.com

Haruskah Meletakkan Bebatuan di Dasar Pot Tanaman?

Ilustrasi menanam tanaman di pot.
Lihat Foto

JAKARTA, - Setiap pemilik tanaman hias tentu menginginkan yang terbaik untuk tanaman kesayangan, dari nutrisi, tanah, pupuk, penyiraman, hingga pot yang digunakan. 

Untuk pot, tak jarang beberapa pemilik tanaman meletakkan bebatuan di dasar pot tanaman untuk membantu tanaman tumbuh subur. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Beracun yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Rumah

Meletakkan bebatuan di dasar pot tanaman merupakan topik yang sedikit hangat di dunia tanaman hias.

Teori di balik mitos tersebut berasal dari gagasan bahwa menambahkan bebatuan di dasar pot tanaman akan mencegah pembusukan akar dan menangkal efek buruk dari penyiraman yang berlebihan. 

Akan tetapi, berlawanan dengan kepercayaan umum, meletakkan bebatuan di dasar pot tanaman justru menyebabkan pembusukan akar, bukannya mencegahnya.

Laura Janney, pakar berkebun dan pendiri The Inspired Garden--sebuah sumber daya online dan pusat kursus untuk tukang kebun baru dan berpengalaman. menjelaskan bebatuan di dasar pot tanaman sebenarnya dapat memberikan dampak buruk bagi akar tanaman.  

Baca juga: 5 Tanaman Dalam Ruangan yang Membuat Rumah Wangi Sepanjang Hari

"Alih-alih membantu drainase, lapisan bebatuan atau bahan lain yang tidak menyerap air justru menciptakan zona jenuh yang perlahan-lahan merambat ke bagian atas pot," ucap Janney dilansir dari The Spruce, Kamis (6/6/2024). 

Jadi, setiap kali menyiram tanaman dengan bebatuan di bagian bawah, Anda sebenarnya menaikkan permukaan air di dalam pot. 

Hal ini berarti akar tanaman dibiarkan berada di tanah jenuh yang tidak pernah mengering, yang sebenarnya dapat menyebabkan pembusukan akar.

"Ada batu atau tidak ada batu jika ada air yang berada di dasar penanam, tanaman berada dalam bahaya busuk akar," tambah Ruth Carll, pemimpin program Rutgers State untuk hortikultura konsumen. 

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Herbal di Pot agar Tumbuh Subur

Orang Korea Selatan memelihara batu untuk mengusir sepi.Unsplash/Jeppe Hove Jensen Orang Korea Selatan memelihara batu untuk mengusir sepi.
Masalah kesehatan ini tidak disebabkan substrat, bebatuan, atau tanah, tetapi lebih genangan air.

Carll mencatat garam menumpuk di air ini dan menciptakan lingkungan beracun secara keseluruhan untuk akar.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa Anda harus mengosongkan genangan air di pot tanaman 

Satu-satunya alasan meletakkan bebatuan di dasar pot tanaman adalah menutupi lubang drainase dan mencegah tanah keluar saat menyiram tanaman. Hanya gunakan satu batu untuk setiap lubang drainase. 

Intinya, Anda tidak boleh meletakkan bebatuan di dasar pot tanaman. Jika pot tidak memiliki lubang drainase, Anda dapat mengebornya menggunakan metode dua pot atau menambahkan lapisan arang aktif di bagian bawahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat