airtronicfirearms.com

6 Posisi Dapur Terbaik Menurut Feng Shui, Datangkan Hoki

Ilustrasi dapur minimalis.
Lihat Foto

JAKARTA, - Dapur adalah jantung sebuah rumah lantaran perannya yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari di rumah. 

Dapur menjadi tempat memulai hari, menyiapkan dan membuat hidangan, hingga ruangan tersibuk di rumah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Lemari Dapur dari Minyak dan Kotoran Membandel

Menciptakan dapur yang cantik dan nyaman perlu mendekorasi dapur sebaik mungkin. Namun, posisi dapur tak kalah penting diperhatikan. 

Pasalnya, meski dapur telah didesain dan dekorasi semenarik mungkin, bila dapur berada di posisi tidak tepat, akan menghadirkan suasana buruk atau tidak sesuai harapan. 

Maka itu, penting mengetahui posisi terbaik untuk dapur di rumah. 

Menurut feng shui, dapur menjadi salah satu dari tiga ruangan terpenting di rumah bersama dengan kamar mandi dan kamar tidur. 

Dapur juga memiliki lima elemen feng shui di dalamnya sehingga perlu menyeimbangkannya. Adanya kompor dan bak cuci piring hal ini mewakili unsur api dan air di dapur. Begitu pun, unsur logam serta tanah biasanya juga ada. 

Baca juga: Bawa Hoki, Ini Posisi Tangga Rumah yang Baik Menurut Feng Shui

Ilustrasi dapur kecil. Shutterstock/IJMphotos Ilustrasi dapur kecil.
Namun, mendapatkan posisi dapur terbaik menurut feng shui tidaklah mudah karena setiap rumah memiliki lokasi, arah hadap, dan penghuni yang berbeda-beda.

Angelina Fang, pakar feng shui sekaligus pendiri layanan konsultasi feng shui, Feng Shui Consulting Indonesia, mengatakan posisi dapur terbaik menurut feng shui untuk setiap orang berbeda-beda. 

Hal ini karena setiap orang memiliki sektor bagus dan buruk yang berbeda, tergantung pada data lengkap tempat, tanggal, serta jam kelahiran orang tersebut. 

Akan tetapi, Angelina melanjutkan, ada beberapa anjuran umum tentang posisi dapur yang dapat diikuti semua orang demi memperoleh energi positif dan mengundang keberuntungan di rumah. 

Baca juga: Cara Menemukan Sudut Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui

Pertama, posisi dapur yang berada di tengah rumah kurang ideal karena sisa asap, panas, dan bau yang dihasilkan dari polusi dapur dapat menyebar ke seluruh rumah meski telah mengatur sirkulasi udara dengan baik. 

Kedua, posisi dapur terbaik menurut feng shui adalah berada di lokasi dengan sirkulasi udara yang baik untuk memastikan asap memasak di dapur cepat keluar bangunan dan tidak mencemari rumah. 

Ketiga, hindari posisi dapur berada di sektor Barat dari rumah. "Sektor Barat berelemen Logam, sangat tidak harmonis bila ada elemen Api (kompor dapur). Problem kesehatan dan konflik akan mudah dialami penghuni rumah," ucap Angelina diwawancara via e-mail, beberapa waktu lalu. 

Keempat, posisi dapur terbaik menurut feng shui adalah menghindari jendela berada persis di belakang kompor karena api akan menjadi tidak stabil dan lebih boros gas. Bila sudah terlanjur ada jendela, tutup jendela saat sedang memasak dengan api besar.

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Rumah Menurut Feng Shui

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat