airtronicfirearms.com

Jangan Dibuang, Ini 6 Sayuran yang Dapat Ditanam Kembali di Air

Ilustrasi menanam seledri di air.
Lihat Foto

JAKARTA, - Setelah selesai memasak sayuran, tak jarang tersisa dan biasanya berakhir di tempat sampah. 

Namun, sebelum buru-buru membuang sisa sayuran, Anda dapat memanfaatkan kembali hanya dengan bantuan air. 

Baca juga: 5 Sayuran yang Bisa Ditanam di Tempat Teduh, Apa Saja?

Beberapa bagian sayuran, seperti batang, dapat menghasilkan tanama baru yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan atau hiasan dalam masakan.

Namun, hal tersebut akan lebih mudah dilakukan jika tanaman adalah sayuran organik. Sedangkan sayuran non-organik mungkin ditanam dengan bahan kimia yang menghambat pertumbuhannya kembali.

Akan tetapi, jika telah merawat sisa sayuran selama beberapa minggu tanpa menunjukkan adanya pertumbuhan kembali, sebaiknya buang saja atau buat kompos dan mulai lagi dari awal.

Dilansir dari Southern Living, Jumat (7/6/2024), berikut beberapa sayuran yang dapat ditanam kembali di air

Baca juga: 7 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Pot dengan Mudah

Wortel

Ilustrasi tanaman wortel.Shutterstock/Anita2112 Ilustrasi tanaman wortel.
Bagian atas wortel yang kecil tidak dapat menghasilkan wortel baru, tetapi dapat menumbuhkan sayuran hijau lembut yang dapat dimanfaatkan untuk dimakan atau hiasan hidangan.

Jika Anda memiliki beberapa bagian atas wortel yang baru dipotong, masukkan ke wadah berisi air dengan hati-hati untuk memastikan bagian atasnya tidak terendam.

Gantilah air setiap dua hari sekali sambil menunggu sayuran tumbuh dengan sempurna.

Sawi putih

Selanjutnya, sisa sayuran yang dapat ditanam kembali di air adalah sawi putih. Meski tidak dapat menumbuhkan sawi putih baru secara utuh, bagian bawah sawi putih dapat ditanam kembali dengan media air.

Jika berhasil, nantinya bagian tersebut akan menghasilkan daun selada yang lezat dan empuk. Bagian ini dapat Anda manfaatkan sebagai pelngkap salad serta hiasan.

Caranya, mulailah meletakkan bagian bawah sawi putih dengan panjang enam sentimeter ke dalam piring yang berisi tiga sentimeter air.

Setelah itu, tempatkan bagian bawah sawi putih di tempat yang terkena sinar matahari dan kehangatan.

Sawi putih merupakan sayuran yang dapat tumbuh subur, baik di dalam maupun luar ruangan. Jadi, normalnya bagian bawah sawi putih dapat menunjukkan perkembangan hanya dalam beberapa hari. Pastikan air tetap segar, gantilah setiap dua hari. 

Baca juga: 6 Tips Menanam Sayuran dari Benih agar Cepat Tumbuh

Seledri

Untuk menumbuhkan kembali seledri dengan air, sebaiknya jangan gunakan seledri yang sebelumnya ditanam di tanah karena cenderung lebih sulit untuk tumbuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat