airtronicfirearms.com

4 Penyebab Air Keran Bau Tak Sedap, Apa Saja?

Ilustrasi air keran
Lihat Foto

JAKARTA, - Air keran yang bau tentu membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Selain mengganggu kenyamanan, air yang bau juga berisiko mengancam kesehatan tubuh.

Sebab, aroma tak sedap bisa menjadi indikasi adanya pertumbuhan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan. 

Baca juga: Air Keran Kotor? Saring dengan Filter Buatan

Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak semua aroma tak sedap disebabkan oleh bakteri. Bau tak sedap juga bisa disebabkan oleh mineral atau kandungan lain di dalam air. 

Dikutip dari Today’s Home Owner, Sabtu (8/6/2024), berikut ini beberapa penyebab air keran bau tak sedap. 

Air keran bau asin

Ilustrasi air keranShutterstock/nikkytok Ilustrasi air keran

Air asin banyak ditemukan di daerah pesisir. Akan tetapi, di kondisi tertentu air berbau asin juga bisa ditemukan di wilayah yang jauh dari pantai. 

Berbau asin bisa disebabkan oleh tingginya jumlah klorida atau natrium yang ada di dalam air. Selain itu, bau asin di air juga bisa disebabkan oleh kotoran. 

Baca juga: Kenapa Ada Serpihan Putih pada Air Keran? Ternyata Ini Sebabnya

Jika menemukan rasa atau bau asin di air keran, segeralah untuk menghubungi pihak yang berwenang agar dilakukan pengujian. Sebab, kondisi tersebut bisa membahayakan kesehatan. 

Air keran bau seperti kotoran atau telur busuk

Selain bau asin, air keran juga seringkali mengeluarkan bau seperti bau kotoran atau telur busuk. Kondisi ini bisa disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di pemanas air, wastafel, maupun saluran pembuangan. 

Hal ini paling sering terjadi saat wastafel sudah lama tidak digunakan. Jika bau berasal dari wastafel atau saluran pembuangan, maka solusi yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Membersihkan wastafel atau saluran pembuangan menggunakan campuran air dan soda kue atau menggunakan campuran air dan pemutih dengan perbandingan sama. 
  2. Setelah itu, biarkan campuran bahan pembersih tersebut selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. 

Baca juga: 4 Penyebab Air Keran Berwarna Coklat dan Berbau Karat

Selain itu,  penyebab air keran bau tak sedap juga bisa disebabkan oleh pemanas air yang bekerja di suhu rendah atau adanya gas hidrogen sulfida di dalam air. 

Dalam kasus hidrogen sulfida, bau akan tercium saat air bersentuhan langsung dengan bahan organik atau mineral tertentu. 

Bau telur busuk akibat hidrogen sulfida, paling sering terjadi pada air yang disaring menggunakan batuan atau bahan organik. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan, namun tetap disarankan untuk melakukan pengujian air untuk memastikan air benar-benar aman. 

Air keran bau seperti kolam renang

ilustrasi air keraniStockPhoto/REKINC1980 ilustrasi air keran

Air di kolam renang biasanya mengeluarkan aroma khas. Aroma tersebut berasal dari klorin yang sengaja diberikan untuk menjaga kebersihan kolam renang. 

Baca juga: 7 Penyebab Aliran Air Keran Kecil dan Cara Mengatasinya

Maka dari itu, jika air keran mengeluarkan bau seperti kolam renang, maka kemungkinan air tersebut mengandung klorin yang cukup tinggi. 

Bau klorin biasanya akan hilang setelah keran dibuka selama beberapa menit. Namun, jika bau klorin tak kunjung hilang, segeralah meminta pihak terkait untuk melakukan pengujian air keran tersebut. 

Air keran bau metalik

Terakhir, penyebab air keran bau tak sedap bisa dikarenakan adanya korosi pada pipa tembaga yang digunakan di rumah. 

Jika mengalami kondisi ini, cobalah untuk menguji logam dalam air menggunakan alat uji air. Namun, beberapa alat uji mungkin memiliki cara kerja yang berbeda, sehingga penting untuk membaca petunjuk penggunaan alat dengan teliti. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat