airtronicfirearms.com

11 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas, Ini Alasannya

Ilustrasi wadah makanan di kulkas.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar serta tahan lama.

Suhu rendah di dalam kulkas dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme yang menjadi penyebab pembusukan makanan. 

Baca juga: 7 Perawatan Kulkas yang Dapat Menurunkan Tagihan Listrik

Namun, tidak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas. Sebab, beberapa makanan tersebut dapat membuat kualitas dan strukturnya menurun saat terkena suhu rendah di dalam kulka, sehingga paling cocok disimpan di suhu ruangan.

Dikutip dari Martha Stewart, Jumat, (7/6/2024), berikut sejumlah makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas.

Pisang

Makan pisang setiap hari bisa menyehatkan jantung.SHUTTERSTOCK/Yane Ruiz Makan pisang setiap hari bisa menyehatkan jantung.
Menurut Robert Smith, koki pribadi di The Culinary Collective ATL–-layanan koki pribadi di Atlanta, Amerika Serikat (AS)-–pisang yang masih mentah lebih baik disimpan di suhu ruangan daripada di kulkas karena suhu rendah dapat memperlambat proses pematangan alami serta mengubah warna kulit pisang menjadi coklat tua atau hitam.

Setelah pisang matang, baru dapat menyimpannya di kulkas untuk memperpanjang masa simpannya sebelum mengonsumsiny. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kulkas Bau

Kemangi

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah kemangi. Hal ini karena tenaman herbal ini sensitif terhadap suhu rendah.

Menurut Michael Sabrin, pengembang produk utama untuk tim merek eksklusif Whole Foods Market–-supermarket multinasional di AS-–suhu rendah kulkas dapat menyebabkan daun kemangi menjadi layu dan menghitam. Karena itu, sebaiknya menyimpan kemangi di suhu ruang.

Smith juga menyarankan memotong batang kemangi dan meletakkannya di dalam gelas berisi air untuk menjaga kesegarannya. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyimpan Daging di Kulkas

Roti

Ilustrasi roti abon ala toko roti.DOK.SHUTTERSTOCK/54613 Ilustrasi roti abon ala toko roti.
Menurut Ann Ziata, koki dan guru memasak di Institute of Culinary Education, roti yang akan segera dimakansebaiknya tidak menyimpannya di dalam kulkas karena suhu rendah dapat membuat roti kehilangan kelembapannya dan mengering.

Sebagi solusi, sebaiknya menyimpan roti di tempat sejuk dan kering seperti di meja dapur.

Namun, jika Anda berencana menyimpan roti untuk sementara waktu atau roti tersebut merupakan buatan sendiri, penyimpanan di dalam kulkas dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur. 

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Pintu Kulkas

Cokelat

Cokelat juga menjadi makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Hal ini karena dapat menyebabkan cokelat menjadi lembap, yang akhirnya mengakibatkan perpindahan gula ke permukaan cokelat.

Menurut para ahli di Harvard T.H. Chan School of Public Health, fenomena ini di sebut "blooming"-–yang menghasilkan lapisan putih pada cokelat.

Meski masih aman dikonsumsi, tekstur dan penampilan cokelat bisa terpengaruh atau berubah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat